>Kenapa? Karena militer turki merasa mereka adalah pengawal
>"turki sekuler" (kayak militer kita dulu pas jaman orde baru, pengawal
UUD
>45 dan Pancasila versinya Soeharto).
Betul, karena bunyi konstitusinya begitu (menurut salah satu acara di
Siaran TV Islam Belanda), yaitu membela perjuangan Kemal Ataturk.
Sebenarnya ya mirip RI juga.  Cuma kalau TNI kan yang dibela Pancasila dan
UUD45, bukan Soekarno atawa Soeharto.

Kalau tahun2 kemaren TNI membela Soeharto, ya itu akibat kebrengsekan
regim yang berkuasanya aja, yang sudah feodal, serakah lagi.

>wah, masih dalam "persiapan" diterima??? Kasihan banget, padahal pecahan
>blok timur udah ada yang masuk ke EU. Apalagi Siprus (Greek Cypriot) udah
ke
>terima ke EU.

Ini karena negara2 eks Blok Timur itu tidak perlu sampai harus melanggar
HAM untuk membuat diri mereka terlihat telah memenuhi syarat sebagai
negara demokratis versi EU.  Tidak melanggar HAM ini dapat dilakukan
karena rakyatnya tidak mempermasalahkan agama dalam kerukunan hidup
bermasyarakat, sehingga penekanan terhadap kelompok2 ekstrim keagamaan
tidak perlu dilakukan oleh regim yang berkuasa, karena kelompok2 itu
memang nggak ada.

Salam hangat,
HermanSyah XIV.

"Rizal Ahmad" <[EMAIL PROTECTED]>
02/05/2004 11:23
Please respond to yonsatu

        To:     <[EMAIL PROTECTED]>
        cc:
        Subject:        [yonsatu] Re: Pendidikan agama Re: Re: Protes justru ibadah!
(Re: Re:
Fokus pada      bidangnya (Ketekunan yang Langka))

[...]
Benar2 "The sickman from Europe" deh si Turki.

Tapi setahu saya Turki "belom" diterima karena mereka tidak memperhatikan
HAM ketika "membabat" minoritas Kurdi yang klo mengejar orang2 kurdi
terkadang militernya menyeberang ke Irak selain HAM2 yang lain.
Terus ditambah lagi karena "demokrasi" (atau apalah namanya) di Turki
selalu
berada dalam ancaman bayang2 kudeta militer, dimana sudah lebih dari 3
kali
ada kudeta, karena militernya sangat berkuasa dan menentukan bentuk
pemerintahan. Kenapa? Karena militer turki merasa mereka adalah pengawal
"turki sekuler" (kayak militer kita dulu pas jaman orde baru, pengawal UUD
45 dan Pancasila versinya Soeharto).

                  <http://news.mahawarman.net>
List Admin      : <http://home.mahawarman.net/lsg2>

Kirim email ke