----- Original Message -----
  From: Mentari Pagi
  To: [EMAIL PROTECTED]
  Sent: Monday, July 07, 2008 2:54 PM
  Subject: Re: [mediacare] Tentang kitab suci yang ditulis oleh manusia

        darmawan............
        ayat al-Qur'an itu terbagi dua, ada yang qoth'i dan ada yang zhanni.
Ayat Qoth'i biasanya hanya memiliki satu arti sehingga umat Islam tidak bisa
lagi mencoba memaknai dengan makna yang lain, dan biasanya pasti membahas
hal-hal yang memang sudah pasti, misalnya Tuhan itu ada beserta sifat-sifat,
kejadian alam, larangan berzina, larangan membunuh, dsb.

        sedangkan yang zhanni, adalah ayat-ayat yang memungkinkan  umat islam
untuk terus bisa menafsirinya dengan makna lain yang disesuaikan dengan
perkembangan zaman. Karena kebanyakan firman Tuhan itu adalah menjawab
persoalan-persoalan yang terjadi pada saat ayat ini turun. Jadi kalau
dipaksakan untuk zaman sekarang pastilah tidak relevan lagi. Sebagaimana
layaknya sebuah pedoman, al-Qur'an adalah petunjuk bagi umat Islam untuk
bersosialisasi dan beretika. petunjuk tidak selalu lengkap kan, bisa jadi hanya
pointer-ponternya saja, itu gunanya Tuhan memberikan otak kepada manusia agar
manusia bisa berfikir.