Kasus Ryan dan 9 Tanda Pria Psikopat

PERBUATAN Ryan yang luar biasa sadis–membunuh 11 orang yang berhasil dirayunya
ke killing field di Jombang; namun tersamar di balik pembawaannya yang kemayu,
pasti menimbulkan rasa ingin tahu bagaimana penjelasan ilmu psikologi tentang
itu. Sejumlah psikolog telah diwawancarai oleh media massa. Namun sungguh
mengherankan, tidak ada yang melihat ke arah kemungkinan Ryan mengidap
skizoprenia atau split personality yang amat parah.
Artikel berikut ini menguraikan 9 ciri utama psikopat. Aku tidak tahu mengapa
tulisan ini hanya menyorot kegilaan pada pria. Memang secara sosiologis
perkembangan kejiwaan pria dengan wanita banyak perbedaan yang signifikan.
Namun melihat 9 ciri yang disodorkan, rasanya artikel yang aku comot dari situs
Kompas. com ini berlaku universal untuk pria dan wanita.
* * *
KATA Dr Robert Hare dalam bukunya Without Conscience: the Disturbing World of
the Psychopats Among Us, psikopat bergentayangan di sekitar kita. Mereka bisa
berada di kantor, tempat olahraga, arena hiburan, bahkan di lingkungan
terdekat, seperti tetangga, suami atau pacar sekalipun. Sepintas, gelagat
mereka tidak kelihatan seperti orang yang punya kelainan. Pasalnya, secara
tampak mata mereka terlihat menarik, pintar dan berlaku seperti orang normal
lainnya.
Hare mengungkapkan empat ciri karakter psikopat, yakni antisosial (antisocial),
pribadi yang sulit diduga (borderlne), pandai bersandiwara (histrionic) dan
luar biasa egois (narcisstic).
Seseorang yang antisosial biasanya cuek pada norma-norma sosial, tak peduli
pada aturan, dan pemberontak. Kepribadiannya yang sulit ditebak, bisa terlihat
dari ketidakstabilannya dalam hubungan interpersonal, citra diri, serta selalu
bertindak menuruti kata hati. Tanpa peduli perbuatannya itu salah atau benar,
mengganggu orang atau tidak.
Orang seperti ini cenderung impulsif (melakukan sesuatu tanpa pikir panjang),
dan berpikiran negatif. Ia juga memiliki sifat pendendam. Sedikit saja Anda
melakukan kesalahan, seumur hidup diingat dan suatu saat akan diungkit lagi.
Sedangkan pribadi histrionic, emosinya tak terkendali alias meledak-ledak, dan
selalu ingin menarik perhatian.
Adalagi kepribadian narcisstic, yang ditunjukkan dengan sikapnya yang selalu
ingin dikagumi, serta minimnya empati. Ia selalu berusaha membuat hanya dirinya
satu-satunya lelaki dalam hidup Anda. Hanya dialah yang boleh Anda puja.
Sedangkan indikasi lain orang psycho adalah manipulatif, egosentris, pembohong,
mudah frustasi, dan gaya hidup parasit. Nah, seabrek sifat buruk ini mengerucut
pada satu karakter tunggal: hipokrit alias munafik.
* * *

DALAM buku The Mask of Sanity, Dr. Hervey Cleckley menggambarkan psikopat
sebagai pribadi yang likeable, charming, intelek, perhatian, impresif, punya
pede tinggi, dan pintar merayu (karena itu mereka mudah “menipu” perempuan).
Umumnya, mereka juga cerdas secara akademik.
Tapi, di balik itu semua, mereka membawa sifat negatif, seperti tidak
bertanggung jawab, serta merusak diri sendiri dan orang lain. Ia kerap
mengatakan ingin bunuh diri bila Anda memutuskan hubungan? Hm, hati-hati saja
karena ia bisa melakukannya.
Parapsikopat umumnya tidak pernah merasa menyesal, meski telah menyakiti orang
lain. Bila belangnya ketahuan, wajahnya akan tetap seperti tak berdosa. Apa
penyebabnya? Belum jelas. Hare menduga, psikopat terjadi akibat kelainan fungsi
otak. Karena itu, si penderitanya tidak dapat memisahkan stimulus yang bersifat
rasional dari yang emosional. Stimulus-stimulus ini diolah sekaligus oleh otak
kiri dan kanan.
Namun, temuan lain menyebutkan, pengidap kelainan ini akibat dari latar
belakang masa kecilnya yang “bermasalah”, yang berakibat perkembangan emosinya
kurang optimal. Menginjak dewasa, anak-anak ini tumbuh menjadi orang-orang yang
tak bisa berempati dan tak memiliki kata hati.

* * *
LANTARAN belum dipastikan penyebabnya, Hare berpendapat, psikopat belum bisa
dipastikan dapat disembuhkan atau tidak. Namun, pendapat lain yang menduga
kelaianan itu berawal karena salah asuh mengatakan, psikopat bisa dicegah.
Asal, indikasi kelainannya terdeteksi sedini mungkin. Inilah tanda-tanda pria
psikopat.
1. Rajin Memonitor. Setiap jam ia selalu menelepon untuk mencari tahu secara
detil apa yang Anda lakukan saat itu, bersama siapa, dan sebagainya. Bila
teleponnya tidak dijawab, ia akan meneror Anda hingga diangkat.
2. Berbohong Tentang Masa Lalu. Ketika membicarakan mantan-mantannya, ia selalu
memposisikan diri sebagai obyek penderita. Ia akan membual tentang
mantan-mantannya yang bermasalah, dan bagaimana ia disakiti oleh mereka.
3.Membajak Keluarga dan Teman. Tanpa meminta izin dan tidak melibatkan Anda, ia
sering mengajak sahabat Anda nonton, menelepon teman-teman dan ibu Anda
berjam-jam. Kelihatannya ia ingin mencari tahu tentang Anda, tapi Anda tidak
pernah tahu motivasi dia sesungguhnya.
4. Berdebat di Muka Umum. Ia tidak bisa memilih-milih tempat untuk bertengkar,
bahkan ia kerap mengkritisi Anda di depan keluarga dan teman-teman.
5.Sikapnya Susah Ditebak. Ia bisa tiba-tiba marah dan berteriak pada Anda tanpa
alasan. Sedetik kemudian berlaku supermanis.
6. Rajin Bohong. Ia biasa berbohong tentang apa saja, besar atau kecil, dan
terkadang tanpa alasan.
7.Menginterogasi Anda. Di matanya, Anda tidak pernah benar. Ia selalu ingin
tahu mengapa Anda terlambat 10 menit. Ia akan menginterogasi Anda semalaman
untuk memuaskan keingintahuannya.
8. Memata-Matai. Awalnya ia akan melakukan invasi terhadap privasi Anda,
kemudian ia akan mengecek email, telepon, bahkan berkunjung diam-diam ke kantor
dan rumah untuk mencari tahu apakah ada lelaki lain dalam hidup Anda.
9. Cemburu Berlebihan. Ia tidak tahan melihat Anda dekat dengan lelaki lain,
meski itu teman Anda sendiri.