Sebetulnya AS itu salah satu negara yang paling tepat mengadopsi
budaya bangsanya terhadap system sekaligus tidak melepaskan prinsip
ham dan rule of law. Almost perfect kalo saya bilang.

Bangsa AS terlahir sebagai bangsa oportunis, dari jaman dulu bahkan
sampai sekarang pun orang kalo mau ke as pasti bertujuan mengadu nasib
tanpa memandang SARA.

PRinsip AS jelas, yaitu bebas sebagai individu yg dibatasi oleh
kompromi2 sebagai anggota masyarakat. Dengan begitu AS adalah
kapitalis. Karena kapitalis adalah sebuah kebebasan, jadi dilindungi.
Sementara anti monopoli adalah bentuk kompromi terhadap kapitalis yg
sudah mengganggu orang lain.

Lagian apa salahnya sih system kapitalis? Ini kan masalah cocok2an.
JIka diterapkan di RI jelas ga cocok, karena memang budaya orang indon
kaga begitu individual.

Orang Indon itu lebih ke sosialis-komunal. Ga terlalu ngotot pengen
kaya dan lebih senang kongkow2. Harusnya inilah yg diangkat menjadi
system negara.

Orang2 yg anti kapitalis kan karena di negaranya yg tidak berbudaya
kapitalis tapi menerapkan system kapitalis. Ya jadi ngaco lah,
kebebasan individunya jadi kebablasan, sementara kompromi sebagai rem
kaga ada. Terbentuklah masyarakat dengan jurang yg lebar. YAng kaya
menindas, dan yg tertindas melihat si kaya sebagai system kapitalis.

Dipikir2 kalo dulu PKI berkuasa, kita pasti menjadi negara yg lebih
baik. Liat aja China dan Vietnam yg budayanya ga jauh dengan kita.