http://serbaserbikehidupan.blogspot.com/2008/10/puasa-tahun-2008.html

Ini sudah bulan Syawal tanggal 3, namun aku baru mendapatkan ‘urge’ untuk
menuliskan pengalamanku berpuasa tahun ini hari ini, setelah menyempatkan diri
membaca tulisan Ulil tentang pengalamannya berpuasa di Boston.
Mulai pertengahan bulan Agustus, aku bekerja di sebuah International school
dimana mayoritas siswa-siswi beragama non Muslim, mungkin berkisar antara 10%
(Muslim) dan 90% (non Muslim). Sedangkan para pegawai—guru, kepala sekolah,
tenaga administrasi, dll, mungkin prosentasenya 25% Muslim, 75% non Muslim. Ini
sebab tahun ini adalah pengalaman pertamaku berpuasa di tengah-tengah non
Muslim, meskipun masih berada di Indonesia.
Jam masuk kerja mulai seperti biasa, pukul 07.00, beda dengan sekolah-sekolah
negeri (atau mungkin juga sekolah nasional lain) yang memulai sekolah pukul
07.30. Lama pelajaran tiap slot pun tidak mengalami pengurangan, sehingga para
siswa-siswi tetap menyelesaikan jadual sekolah pukul 14.15, khusus untuk
siswa-siswi kelas 9 kelas usai pukul 15.00 karena mendapatkan pelajaran
tambahan untuk persiapan ujian nasional. Jam istirahat pertama tetap pukul
09.45-10.00, dan istirahat makan siang pukul 12.15-12.45.
Ini kali pertama aku merasakan ‘nasib sebagai kaum minoritas’ sehingga aku pun
benar-benar mempraktekkan satu bahan candaan, “Tolong yang puasa memahami
mereka yang tidak puasa”, kebalikan satu doktrin yang kuterima sejak kecil,
“Yang tidak puasa HARUS menghormati yang puasa dengan menghindari makan maupun
minum di hadapan orang-orang yang berpuasa. Pertama kali aku mendapatkan
menstruasi, Ibu-ku pun mendoktrinku hal ini: aku TIDAK BOLEH terlihat makan
maupun minum di hadapan anggota keluarga lain yang sedang berpuasa, seolah-olah
aku adalah pesakitan. Kalau aku melakukannya, maka tuduhan pengikut setan dan
ahlun naar (calon penghuni neraka) pun dilabelkan, karena menggoda orang yang
sedang berpuasa. Orang yang sedang berpuasa harus diistimewakan, harus dijaga
dari godaan (itu juga konon selama bulan Ramadhan, setan pun ‘diikat’ oleh
Tuhan di neraka, sehingga tidak bisa gentayangan menggoda kaum Muslim yang
sedang berpuasa). Hal ini pun
 mendapatkan dukungan kuat dari pemerintah Indonesia yang sebenarnya bukan
negara Islam, juga bukan negara sekuler, berupa himbauan agar rumah makan tutup
di siang hari, sehingga nampak tidak ada toleransi sama sekali kepada mereka
yang tidak puasa. Untunglah tidak ada paksaan dari pemerintah agar semua warga
negara—tanpa memandang agama—untuk berpuasa, demi menghormati orang-orang
Muslim yang sedang berpuasa.
Betapa manjanya orang-orang Muslim itu, mentang-mentang karena mayoritas.
Aku tidak ingin menjadi seorang Muslim yang manja di tengah-tengah rekan
kerjaku yang mayoritas non Muslim. Saat istirahat siang, di ruang guru, maupun
di tempat-tempat lain di dalam sekolah yang diperuntukkan anak-anak untuk makan
siang (di sekolah tidak ada kantin, sehingga anak-anak harus membawa bekal
makan siang sendiri, namun pihak sekolah menyediakan tempat-tempat khusus
dimana anak-anak biasa berkumpul untuk makan bersama) terlihat orang makan,
ditambah dengan bau makanan yang menggoda hidung dan perut yang mulai lapar.
Aku perhatikan beberapa guru expat tidak menunjukkan ekspresi wajah, seperti,
“Sorry, I am enjoying my lunch now while probably you are hungry at the
moment.” Tentu aku paham sekali akan hal ini, bukankah kita sendiri memiliki
pilihan, untuk berpuasa, mengikuti ajaran agama, atau tidak berpuasa. Setelah
kita menentukan pilihan untuk berpuasa, tak selayaknya kemudian kita minta
diistimewakan, misal dengan mengatakan, “Please
 respect me by not eating before my nose!” 
Ketika seorang rekan kerja, non Muslim, orang Indonesia (bukan expat) bertanya
kepadaku dengan hati-hati, “So, how is your fasting in this month?” aku tidak
langsung ‘ngeh’ kemana arah pertanyaannya, sehingga dia pun perlu menjelaskan,
“I believe it must be hard for you to fast among non Muslim?”
Maka aku pun menjawab, dengan nada bercanda, “You know the harder the tempation
is, the more reward I will get from God. It is not a big deal for me to fast in
the middle of people who do not fast. Don’t worry. Thank you for concern
though.”
Aku yakin sebagai orang Indonesia, rekan kerja ini tentu sudah terbiasa dengan
‘himbauan’ pemerintah Indonesia, sehingga perlu merasa ‘tidak enak’ kepadaku
dengan situasi yang ada. Berbeda dengan para guru expat yang tidak mendapatkan
atau mengalami ‘indoktrinasi’ dari pemerintah mereka untuk ‘menghormati’ (atau
memanjakan) orang-orang yang berpuasa.
Di sekolah ini aku belajar (lebih jauh lagi) untuk mempraktekkan toleransi
antar agama.
PT56 22.19 031008

Minds are like parachutes, they only function when they are open.   (Sir James
Dewar)
visit my blogs please, at the following sites
http://afemaleguest.blog.co.uk
http://afeministblog.blogspot.com
http://afemaleguest.multiply.com

THANK YOU