http://www.tempointeraktif.com/hg/wartahaji_serba_serbi/2008/12/01/brk,20081201-148998,id.html

Jemaah Haji Indonesia Sudah Borong Air Zamzam
Senin, 01 Desember 2008 | 14:09 WIB

TEMPO Interaktif, Mekah: Meski puncak ibdah haji masih beberapa hari lagi,
jemaah asal Indonesia sudah menyiapkan oleh-oleh dari Tanah Suci, yaitu air
zamzam. Di antaranya ada jemaah yang langsung membeli satu jerigen isi 10 liter
air zamzam, banyak pula yang membawa botol minuman air kemasan satu liter.
"Saya beli satu jerigen karena ada yang pesan untuk obat," kata Abdul Karim,
jemaah asal Jawa Timur.

Panitia Penyelenggara Haji sudah memberi tahu kepada jemaah agar tidak membawa
air zamzam terlalu banyak. Satu jemaah dibatasi membawa 5 liter air zamzam. Itu
pun sudah disediakan oleh Garuda. "Saya berharap panitia tidak mempersulit,"
kata Abdul Karim.

Beban bawaan yang terlalu berat, menjadi salah satu pertimbangan Manajemen
Garuda Airways melarang jemaah haji membawa lebih dari 5 liter air zamzam.
"Kami mengutamakan keselamatan penerbangan. Jadi, air zamzam diluar jatah
pemberian kami tidak boleh dibawa," kata Senior General Manager Garuda untuk
Timur Tengah dan Eropa, Nasrizal, kepada Media Center Haji Departemen Agama.

Menurut Nasrizal, jatah air zamzam 5 liter merupakan hasil rapat koordinasi
antara Garuda dengan Konsulat Jenderal RI di Jeddah, Direktur Jenderal
Penyelenggaraan Haji & Umroh Departemen Agama. "Jadi, soal 5 liter air zamzam
merupakan keputusan bersama," katanya.

Kirim email ke