Deccy, kenapa anda tak juga masukan dalam list misalnya : Pembantaian muslim
aceh oleh militer indonesia (yang muslim juga) ?

Ini hanya untuk membuka mata anda, deccy, bahwa ada perbedaan mendasar antara
perang antar negara atau antara negara dengan wilayah sengketa, terlepas dari
apa agamanya. Perbedaan ini sepenuhnya menyangkut "Motif". Militer indonesia
memberlakukan DOM di aceh pasti bukan karena muslimnya, tapi karena sengketa
wilayah. Yang satu mau merdeka, yang satu mempertahankan keutuhan wilayah.
Kalau Papua yang mayoritas kristen, atau Bali yang mayoritas Hindu terang2an
mau memisahkan diri, respon pemerintah akan sama. Its not about religion.

Kalau BOM Bali, jelas pelakunya muslim dan dia melakukan itu atas dorongan
ajaran yang mereka pahami, terlepas dari klaim bahwa mereka salah mengartikan
ajarannya. Mereka didorong oleh keyakinannya, dan menyerang orang2 yang sedang
bergembira dan damai di cafe ! Orang Bali bahkan percaya, mahluk jahat (setan,
memedi, kuntilanak) pun pantang menyerang manusia yang sedang makan, untuk
menghormati dewi sri yang sedang memberi kehidupan!

Sejujurnya, saat ini, adakah anda menemukan sekelompok orang yang sedemikian
gemarnya melakukan tindak kekerasan, sambil meneriakkan nama tuhan ?
Agama, dimana2 seharusnya mengajarkan kedamaian, menyuarakan spiritualitas.
Bahwa ada pemeluk agama yang melakukan kejahatan, saya kira memang tak ada
agama yang imun dari hal ini. Tapi kalau ceramah2 di tempat suci masih disusupi
provokasi, kelompok keagamaan gemar membentuk barisan paramiliter untuk membela
tuhan dan kemudian melakukan kekerasan dan meneriakkan provokasi dimana2,
apakah ini "produk layak" dari sebuah "ajaran agama" ?

Deccy, saya tak berpretensi membenci siapapun atau kelompok manapun. Tapi tanpa
introspeksi, kita tak bisa melangkah maju. Saya ingat cerita tetangga saya
tentang anaknya yang kelas 5 SD. "kamu dapet ulangan berapa hari ini ?". "teman
saya dapet 4 lho ma". "mama ngga tanya nilai temen kamu. mama tanya nilai
kamu". "aku dapet 4.5 ma".