dh,

kalo untuk kode jenis setoran 401, nampaknya Bapak dinyatakan kurang bayar
atas PPh 22 final, biasanya karena kita adalah SPBU/agen/penyalur produk2
BBM pertamina.

seterusnya saya inline reply ya Pak?

On 1/12/07, bie situ <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Anggota milis yang terhormat,
>
>  Mohon pencerahannya tentang PPH 22 dengan Kode Jenis
>  Pajak 0112, Kode Jenis setoran 401.
>
>  Yang menjadi pertanyaan saya adalah:
>  1. Apakah subjek dan objek pajaknya?

ams>> mohon baca
ams>> 1. Kepmenkeu No. 254/KMK.03/2001 tanggal 30/04/2001, dan
ams>> 2. Kep. Dirjen Pajak No. Kep-417/PJ/2001 tanggal 20/06/2001
ams>> mudah-mudahan ini dianggap menjawab nomor 4

>  2. Siapakah yang menjadi pemungut dan dipungut?

ams>> lihat pasal 1 Kep-417, khususnya angka  6

Pasal 1

Pemungut Pajak sebagaimana dimaksud dalam Pasal 22 Undang-Undang No. 7 Tahun
1983 tentang Pajak PenghasiIan sebagaimana telah diubah terakhir dengan
Undang-undang No. 17 Tahun 2000 adalah :
1. Bank Devisa etc etc
2. Direktorat Jenderal Anggaran, Bendaharawan Pemerintah etc etc;
3. Badan Usaha Milik Negara dan Badan Usaha Milik Daerah, etc etc;
4. Bank Indonesia (BI), etc etc;
5. Badan usaha yang bergerak dalam bidang usaha industri etc etc atas
penjualan hasil produksinya di dalam negeri;
6. Pertamina serta badan usaha lainnya etc etc atas penjualan hasil
produksinya.

>  3. Berapa rate / bagaimana cara perhitungannya.

lihat pasal 2 ayat (5), masih di Kep yang sama

>  3. Bagaimana pelaporannya?

ams>>pemungutan dan penyetorannya kali yah? lihat pasal 5 s.d. 7
ams>>kalo pelaporannya, ya seperti biasanya aja kok.. masuk di SPT Masa PPh
pasal 22, dan dilaporkan maksimal tanggal 20 bulan berikutnya.
ams>> kalo di tempat Bapak/Ibu ada form SPT Masa 22, lihat isian nomor 6a.

>  4. Kalau boleh tolong disebutkan uu atau peraturan
>  yang berkaitan dengan hal ini.

ams>> Boleh kok, tapi udah dijawab di atas (^^)

>  Atas bantuannya saya ucapkan terima kasih.

ams>> kembali kasih