From: prastowo prastowo <sesaw...@yahoo.com>
Subject: Bls: [Keuangan] Akbar: Satu Lagi, Donatur SBY-Boediono  Diduga Terima
Dana Century --Maaf
To: AhliKeuangan-Indonesia@yahoogroups.com
Date: Tuesday, February 16, 2010, 10:59 AM

      Terima kasih. Saya coba koreksi, kira2 kata ganti apa yang cocok?

Kita tentu saja berpotensi melakukan generalisasi, tapi itulah kemiskinan
kata-kata. Saya tidak tahu kata ganti apa yang tepat untuk mewakili sejuta, dua
juta, 100 juta, atau 220 minus satu rakyat Indonesia?

Saya koreksi, kita di sini bukan perangkuman simplistis 'saya dan Anda-anda
semua', tapi pemakaian yg terkait konsepsi kita sebagai komunitas dan bangsa.
Apakah salah ketika SBY mengatakan 'kita harus tetap optimis memberantas
korupsi...', dan seorang demonstran yang memakai kalimat 'kita harus turunkan
SBY...'....

Anda akan lebih bingung jika sebuah riset ttg ini ditulis dlm bahasa Inggris?
apa kata ganti utk kolektivitas jika bukan 'We'? Di sini kita ingat disertasi
Prof. Fuad Hassan yg masyhur, 'Kami dan Kita; Mode of Togetherness' ....Kita
punya keunggulan di sini, dan ternyata maknanya dalam.

Saya sendiri merasa tak terjangkiti virus itu, bahkan saya menolaknya. Tapi
saya tetap memakai kata 'kita' karena saya menjadi bagian dari sebuah
kolektivitas atau nasion bernama Indonesia. Mungkin saja benar Ben Anderson,
kita (nah, salah lagi kan? ), hidup dalam kerangka 'imagined community'.. ..

Semoga memperjelas.

salam kekitaan,

pras