mau ketawa, tapi nggak tega :D

gak usah jauh jauh, ngobrolin pasir kwarsa saja yah.  jepang dapat
pasir kwarsa dari indonesia, melalui asahi flat glass di indonesia.
dan tahun650-80 lensa optik keluaran pentax merajai dunia dengan
pentax k1000nya (penjualan canon dan nikon digabung pun, belum ada
separuhnya penjualan slr pentax di saat itu).  sementara di eropa
timur ada carl zeiss jena, yg saling bersaing dengan pentax, jerman
timur memiliki sumber daya pasir kwarsa yg banyak (saat itu pabrik
carl zeiss ada di jerman timur).

indonesia ke mana aja, kok nggak sanggup membuat lensa lensa luar
biasa kelas dunia sampai sekarang ?.  sementara tiap beli kamera dslr,
tiap kita tengok kanan ada canon, kiri ada nikon, dan gelasnya bahan
baku dari indonesia :D

itu baru pasir kwarsa.  :p

salam,
Ari