>[EMAIL PROTECTED] wrote:
>Assalamu'alaikum.
>Saya mau tanya, apakah dianjurkan untuk kita puasa hari
>tarwiyah/tgl 8 dzulhijah.
>Mohon beserta dalilnya yg shohih.
>Syukron.

Wa allaikumsalam warahmatuloh,

Saya salinkan penjelasan mengenai puasa Arafah sekaligus juga
menerangkan derajat hadits puasa hari tarwiyah, dari buku Al-Masail
karya Al-Ustadz Abdul Hakim bin Amir Abdat.

DERAJAT HADITS PUASA HARI TARWIYAH

Oleh
Al-Ustadz Abdul Hakim bin Amir Abdat

Sudah terlalu sering saya ditanya tentang puasa pada hari tarwiyah (tanggal
delapan Dzulhijjah) yang biasa diamalkan oleh umumnya kaum muslimin. Mereka
berpuasa selama dua hari yaitu pada tanggal delapan dan sembilan Dzulhijjah
(hari Arafah). Dan selalu pertanyaan itu saya jawab : Saya tidak tahu !
Karena memang saya belum mendapatkan haditsnya yang mereka jadikan sandaran
untuk berpuasa pada hari tarwiyah tersebut.

Alhamdulillah, pada hari ini (3 Agustus 1987) saya telah temukan haditsnya
yang lafadznya sebagai berikut.

"Artinya : Puasa pada hari tarwiyah menghapuskan (dosa) satu tahun, dan
puasa pada hari Arafah menghapuskan (dosa) dua tahun".

Diriwayatkan oleh Imam Dailami di kitabnya Musnad Firdaus (2/248) dari
jalan.

1. Abu Syaikh dari :
2. Ali bin Ali Al-Himyari dari :
3. Kalby dari :
4. Abi Shaalih dari :
5. Ibnu Abbas marfu' (yaitu sanadnya sampai kepada Nabi Shallallahu 'alaihi
wa sallam).

Saya berkata : Hadits ini derajatnya maudhu'.

Sanad hadits ini mempunyai dua penyakit.

Pertama : Kalby (no. 3) yang namanya : Muhammad bin Saaib Al-Kalby. Dia ini
seorang rawi pendusta. Dia pernah mengatakan kepada Sufyan Ats-Tsauri,
"Apa-apa hadits yang engkau dengar dariku dari jalan Abi Shaalih dari Ibnu
Abbas, maka hadits itu dusta" (Sedangkan hadits di atas Kalby riwayatkan
dari jalan Abu Shaalih dari Ibnu Abbas).

Imam Hakim berkata, "Ia meriwayatkan dari Abi Shaalih hadits-hadits yang
maudhu' (palsu)". Tentang Kalby ini dapatlah dibaca lebih lanjut di
kitab-kitab Jarh wat Ta'dil :

1. At-Taqrib 2/163 oleh Al-Hafidz Ibnu Hajar.
2. Adl-Dlua'faa 2/253, 254, 255, 256 oleh Imam Ibnu Hibban
3. Adl-Dlua'afaa wal Matruukkin no. 467 oleh Imam Daruquthni.
4. Al-Jarh wat Ta'dil 7/721 oleh Imam Ibnu Abi Hatim.
5. Tahdzibut Tahdzib 9/5178 oleh Al-Hafidz Ibnu Hajar

Kedua : Ali bin Ali Al-Himyari (no. 2) adalah seorang rawi yang majhul
(tidak dikenal).

Kesimpulan.
1. Puasa pada hari tarwiyah (8 Dzulhijjah) adalah hukumnya bid'ah. Karena
hadits yang mereka jadikan sandaran adalah hadits palsu/maudhu' yang sama
sekali tidak boleh dibuat sebagai dalil. Jangankan dijadikan dalil, bahkan
membawakan hadits maudlu' bukan dengan maksud menerangkan kepalsuannya
kepada umat, adalah hukumnya haram dengan kesepakatan para ulama.

2. Puasa pada hari Arafah (tanggal 9 Dzulhijjah) adalah hukumnya sunat
sebagaimana sabda Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam dibawah ini.

"Artinya : ...dan puasa pada hari Arafah -aku mengharap dari Allah-
menghapuskan (dosa) satu tahun yang telah lalu dan satu tahun yang akan
datang. Dan puasa pada hari Aasyura' (tanggal 10 Muharram) -aku mengharap
dari Allah- menghapuskan (dosa) satu tahun yang telah lalu" [Shahih Riwayat
Imam Muslim 3/168, Abu Daud no. 2425, Ahmad 5/297, 308, 311, Baihaqi 4/286
dan lain-lain].

Kata ulama : Dosa-dosa yang dihapuskan di sini adalah dosa-dosa yang kecil.
Wallahu a'lam !

[Disalin dari buku Al-Masail jilid 2, Penulis Abdul Hakim bin Amir
Abdat hal 177-179, Penerbit Darul Qalam]

http://us.click.yahoo.com/lMct6A/Vp3LAA/i1hLAA/TXWolB/TM