Mamy Humairah,

Saya bukan expert atau dokter. Tapi saya pernah baca2 tentang kanker servix.
Sepengetahuan saya, keputihan terus menerus bisa jadi tanda2 kanker servix,
tapi belum tentu pasti juga. jalan terbaik adalah pap smear untuk mengetahui
tindak lanjutnya serta penyebabnya. Untuk hasil paling significant pap smear
adalah hari ke 10-14 dari hari pertama haid. Atau jika masa haid lebih lama,
tunggu sampai darahnya benar2 habis.

Kemungkinan keputihan bisa bermacam2 penyebabnya. Bisa jadi bakteri, IUD.
Kalau bakteri, biasanya gatal, berbau gak enak, kehijauan bila kelamaan gak
diobati dan biasanya tidak terlalu dalam (dekat degan ms.V)

Untuk memastikan, saran saya pap smear segera supaya tidak khawatir
berkepanjangan.

Maaf kalau kurang membantu.
Dinny

2009/6/15 Latief, Asriati (PTI - Pomalaa) <asriati.lat...@valeinco.com>

>  Dear Moms,
>
> Please sharingnya yah….pertanyaan dari teman saya ini…
>

> Regard,
>
> Mamynya Humairah….
>

> Saya ibu dengan  1 putri  (28 bulan),  bekerja. Pada saat mechical check
> up, pemeriksaan urine ditemukan kristal dan bakteri pada urine tersebut,
> memang setelah melahirkan anak pertama saya sering keputihan bahkan akhir2
> ini tidak mau berhenti dan hampir tiap hari, menurut dokter salah satu
> penyebab ditemukannya bakteri di urine saya adalah karena keputihan
> [...]

Kirim email ke