Mba,

Sekedar sharing inilah langkah2 yang sudah saya persiapkan. Kuncinya SATU,
kita tidak bisa bergantung kepada orang lain (asistan, baby sister, orang
tua) selain kepada Yang Di Atas.

1. Niatkan bekerja dengan ikhlas, untuk keluarga, dan juga masyarakat yang
kekurangan, terutama kalo gajinya dah double digit gitu.
2. Siapkan PASIVE INCOME sejak dini. Apakah ini sangat mungkin dilakukan?
YA...
  Bikin target, mau "PENSIUN" misal 3 - 5 taon lagi. Jadi sekarang mesti
SAVE berapa dengan target setelah pensiun kita dapat PASIVE INCOME tertentu
dengan RETURN per tahun sekian %.
Lakukan diversifikasi aset, seperti: Reksadana, Saham langsung mungkin, ato
coba untuk join income dengan teman, gali kreativitas diri (punya bakat
mengajar mungkin?, bikin Bimbel, masak, design, others)
3. Ubah segera, sedini mungkin GAYA HIDUP. Prioritaskan hal2 yang PENTING.
Gunakan waktu Seefektif mungkin untuk SAVING and INVESTMEN.
4. terus terang, saya melakukan ini semua, memang berat, karena dengan
salary yang cukup, namun akan terlihat gaya hidup yang terkesan minimalis
dibandingkan rekan sekerja. Cuma saya sendiri bertekad, untuk Disiplin
melakukannya sehingga saya bisa pensiun sesuai rencana.

itu aja sih sekedar sharingnya. saya pribadi soalnya akan cukup sulit kalo
nantinya pensiun dan harus bergantung penuh dari kondisi keuangan suami.

salam,
mama ryan

On 7/26/07, [EMAIL PROTECTED] <[EMAIL PROTECTED]>