klo de artikel yg aku baca dlm jk wkt 24 jam asi perah
bs digabung... tp dr sharing di milis ASI sih
sebaikanya ga lebih dr 3 jam wkt pemerahan deh klo
nggabungin ASI perahnya..krn dlm jk wkt 3 jam itu
tubuh mengolah ASI n kemungkinan ada masukan zat2 lain
dlm ASI...

klo aku nihh ASI perah aku tempatin di botol bekas _UC
1000_ so, sekali merah penuh deh botolnya kurleb 120
ml.. biasanya sekali merah aku dpt 2 botol... per 3
jam-an aku merah... so, blum pernah deh nggabungin ASI
perahana di lain waktu..
keuntungannya nih dg 120 ml ASIperah di botol2 tsb
juga bs sekali minum oleh dd Ija... so takerannya bs
dibilang puji Tuhan pas ama kemampuan n kebutuhan
minum anakku

ini tulisan mbak luluk yg pernah diposting di BA n
_sehat_ya

FAQ Seputar Penyimpanan ASI

BERAPA LAMA ASI HASIL POMPA/PERAS BISA DISIMPAN PADA
SUHU RUANG?
Jika ruangan tidak ber-AC, disarankan tidak lebih dari
4 jam Jika ruangan ber-AC, bisa sampai 6 jam
-catatan: suhu di atas harus stabil, misalnya ruangan
ber-AC, tidak mati sama sekali selama botol ASI ada di
dalamnya.

BERAPA LAMA ASI HASIL POMPA/PERAS BISA DISIMPAN PADA
SUHU LEMARI ES?
Jika Ibu mengetahui bahwa dalam 4 jam ke depan ASI
hasil pompa/peras tidakakan diberikan pada bayi, maka
segeralah simpan di lemari es. ASI ini bias bertahan
sampai 8 (delapan) hari dalam suhu lemari es, jika
ditempatkan dalam compartment yang terpisah dari bahan
makanan lain yg ada di lemari es tsb.
Jika lemari es Ibu kebetulan tidak memiliki
compartment terpisah untuk menyimpan botol ASI hasil
pompa/perasan, maka sebaiknya ASI tersebut jangan
disimpan lebih dari 3 x 24 jam.
Ibu juga dapat "membuat" compartment terpisah dengan
cara menempatkan botol ASI dalam container plastik
yang tentunya dibersihkan terlebih dahulu dengan
baik.

BERAPA LAMA ASI HASIL POMPA/PERAS BISA DISIMPAN PADA
SUHU FREEZER?
ASI hasil pompa/perasan dapat disimpan dalam freezer
biasa sampai 3
(bulan) lamanya. Namun Ibu jangan menyimpan ASI ini di
bagian pintu freezer, karena bagian ini yang mengalami
perubahan dan variasi suhu udara terbesar.

Jika Ibu kebetulan memiliki freezer penyimpan daging
yang terpisah (biasanyadisebut deep freezer) yang
umumnya memiliki suhu lebih rendah dari freezer biasa,
maka ASI hasil pompa/perasan bahkan dapat disimpan
sampai dengan 6(enam) bulan di dalamnya.

BAGAIMANA CARA MENYIMPAN ASI HASIL POMPA/PERASAN YANG
BAIK?
- Simpan ASI dalam botol yang telah disterilkan
terlebih dahulu
- Botol yang paling baik sebetulnya adalah yang
terbuat dari
gelas/beling,namun jika terpaksa menggunakan botol
plastik, pastikanlah bahwa plastiknya cukup kuat
(tidak meleleh jika direndam dalam air panas)
- Jangan pakai botol susu yang berwarna / bergambar,
karena ada kemungkinan catnya meleleh jika terkena
panas
- Jangan lupa bubuhkan label setiap kali Ibu akan
menyimpan botol ASI, dengan mencantumkan tanggal dan
jam ASI dipompa/peras
- Simpan ASI di dalam botol yang tertutup rapat
(jangan ditutup dengan dot,karena masih ada peluang
untuk berinteraksi dengan udara)
- Jika dalam satu hari Ibu memompa/memeras ASI
beberapa kali, bisa saja Ibu menggabungkan hasil
pompa/perasan tsb dalam botol yang sama, dengan
catatan bahwa suhu tempat botol disimpan stabil,
antara 0 s/d 15 derajat Celcius).
Penggabungan hasil simpanan ini bisa dilakukan asalkan
jangka waktu
pemompaan/pemerasan pertama s/d terakhir tidak lebih
dari 24 jam

BAGAIMANA CARA PEMBERIAN ASI YANG SUDAH DIDINGINKAN
KEPADA BAYI?
- Panaskan ASI dengan cara:
(a) membiarkan botol dialiri air panas (bukan
mendidih) yang keluar dari keran ATAU
(b) merendam botol di dalam baskom / mangkuk yang
berisi air panas (bukan  mendidih)

- Jangan sekali-sekali memanaskan botol dengan cara
mendidihkannya dalam panci, menggunakan microwave atau
alat pemanas lainnya (kecuali yang memang di-design
untuk memanaskan botol berisi simpanan ASI)

- Ibu tentunya mengetahui berapa banyak bayi Ibu
biasanya sekali meminum ASI. Sesuaikanlah jumlah susu
yang dipanaskan dengan kebiasaan tsb.
Misalnya dalam satu botol Ibu menyimpan sebanyak 180
cc ASI tetapi bayi Ibu biasanya hanya meminum 80,
jangan langsung dipanaskan semua.
INGAT bahwa susu yang sudah dipanaskan tidak bisa
disimpan lagi!

BAGAIMANA SAYA MENGETAHUI APAKAH ASI YANG DISIMPAN
SUDAH BASI?
Sebenarnya jika Ibu mengikuti pedoman
pemompaan/pemerasan ASI dan
penyimpanan yang baik, ASI tidak akan mungkin basi.
Kadang memang setelah disimpan / didinginkan akan
terjadi perubahan warna dan rasa, tapi itu tidak
menandakan bahwa ASI sudah basi. Asalkan Ibu berada
dalam keadaan bersihketika memompa/memeras, menyimpan
ASI dalam botol yang steril & tertutup rapat, dalam
jangka waktu yang dijabarkan seperti di atas dan saat
memanaskan juga mengikuti petunjuk, mudah-mudahan ASI
Ibu terjaga dalam kondisi yang baik.

Dibandingkan susu formula, ASI lebih tahan lama. Pada
saat berinteraksidengan udara luar, biasanya yang
terjadi bukan pembusukan ASI tetapi lebih merupakan
berkurangnya khasiat ASI, terutama zat yang membantu
pembentukan daya imun bayi.

SELAMAT ! Bayi Ibu sungguh beruntung memiliki Ibu yang
menyadari betul arti
dan manfaat pemberian ASI dalam awal kehidupannya.
Semoga ia tumbuh sehat
dan selalu berada dalam lindungan Tuhan. Amiin.

Nara Sumber:

Barger, J. and Bull, P.A., Comparison of the bacterial
composition of breast
milk stored at room temperature and stored in the
refrigerator.
Intl Journal of Childbirth Ed 2: pages 29 and 30 1987.

Hamosh, M. et al., Breastfeeding and the working
mother effect of time and
temperature of short term storage on proteolysis,
lipolysis, and bacterial
growth in milk. Pediatrics 97 (4) 492 to 498, 1996

Mohrbacher, N. and Stock, J., The Breastfeeding Answer
Book, La Leche League
International, 1997, pp 30 to 31.

Pardou, A. et al., Human milk banking: influence of
storage processes and of
bacterial contamination on some milk constituents.
Biol Neonate 65:302 to
309, 1994

Regards,
Uci mamaKavin+Ija
http://oetjipop.multiply.com

Bergabunglah dengan orang-orang yang berwawasan, di di bidang Anda! Kunjungi
Yahoo! Answers saat ini juga di http://id.answers.yahoo.com/