From: Sylvia Radjawane <sylvia.radjaw...@gmail.com>
To: balita-anda@balita-anda.com
Sent: Monday, May 3, 2010 11:34:26
Subject: Re: [balita-anda] aktivasi otak tengah OR Finger print yah?

Hi all,

hehe .. jadi ikutan tergelitik nimbrung issue ini, khususnya tentang
mengaktifkan otak tengah, walau lebih ke sharing my very silly thought
kayaknya :)

Dari istilah 'mengaktifkan' yang dipakai, saya cukup bertanya-tanya, kalau
memang istilah ini yang sedikit banyak akan jadi point di kegiatan ini.
Secera sederhana, saya sendiri selalu menghubungkan kata 'mengaktifkan'
dengan: ada usaha konsisten untuk membuat sesuatu aktif  dan tentunya juga
akan ada istilah 'dibuat tidak aktif'

Sebenarnya jawaban dari pertanyaan ini cukup 'tersurat' dalam penjelasan
yang dikutip mbak Mira (di milis ini dengan subject e-mail yang sama, 29 Apr
2010).
So far, saya hanya sempat membaca info ini dan juga dari
www.otaktengah.com<http://www.otak-tengah.com>(yang sempat di-shared
mbak Ana Chaniago) dan diposting di milis BA)

Kelihatannya, asumsi saya, sikap konsisten memang diperlukan (kalau tidak
bisa dibilang wajib) untuk membuat 'otak tengah' tetap 'aktif'.  Saya kutip
beberapa kalimat ya:

8. Apakah otak tengah ditutup setelah kegiatan?
Untuk mencegah agar otak tengah tidak tertutup kembali, anak-anak
membutuhkan latihan 10-15 menit sekurang-kurangnya tiga kali seminggu.
Paling baik latihan tiap hari, seperti persiapan latihan sebelum belajar.
Bahkan ketika anak-anak masuk universitas, mereka perlu melakukan hal yang
sama. Ini tugas sepanjang hidup untuk melatih otak tengah agar tetap aktif.

Bila aktivasi pertama kali tidak berhasil, mohon tidak langsung putus asa
dan terus melanjutkan pelatihan.

Hambatan dalam mengaktifkan midbrain antara lain
adalah: tekanan, ketakutan, kurang percaya diri, curiga, tidak mau menerima,
berpikir yang tidak-tidak dan lain sebagainya.
Bila anak kita memiliki hambatan tersebut diatas, bagaimanakah
penanganannya?
Orang tua dan anak perlu membangun hubungan dan komunikasi yang baik; saling
membantu mengatasi hambatan.

Kebahagiaan merupakan kunci untuk pengaktifan otak tengah.

Saya sendiri kurang tahu info di atas sumbernya dari mana.  Iseng browsing
di _Google_ dengan keywords 'mengaktifkan otak tengah' , dapat 63.500 search
result yang mayoritas bisa dibilang bersumber dari lembaga yang mengadakan
atau FW iklan yang dipajang di website media, jejaring sosial, atau blog
pribadi (memang saya hanya cari tampilan search results tsb. secara random
.. mungkin ada 'jurnal ilmiah' tentang issue ini yang terlewat oleh saya)

Sekilas, memang 'konsisten' (bahkan di-claim: sebagai tugas sepanjang hidup)
dalam info di atas jadi point penting untuk aktifitas ini.

Mungkin kalau boleh kasih sedikit masukan, untuk setiap ortu yang akan
mengikutsertakan anaknya dalam kegiatan ini, bisa minta waktu konsultasi
dulu dengan lembaganya: apa dan bagaimana 'konsisten' di sini harus
diterapkan, khususnya pasca pelatihan.  Apakah dengan :

- pasca ikut pelatihan tsb., siapa tahu nantinya karena 1 dan lain hal ortu
'tidak sempat' melatih anak (at least 3x 1 minggu -- incl. mind mapping,
excellence learning, speed reading) untuk tetap buat 'otak tengah' aktif -.
Apakah dengan 'kelalaian' itu akan otomatis 'menutup' daya otak tengah yang
sudah dilatih sebelumnya atau sekian % bisa membuat otak tengah kehilangan
kesempatan untuk tetap aktif.

- apakah hambatan untuk membuat otak tengah 'aktif' yang kelihatannya juga
ditentukan oleh kondisi psikis anak (quoted: anak tidak bahagia, tekanan,
kurang percaya diri, curiga, tidak mau menerima, berpikir yang tidak-tidak)
sangat berperan?  Dengan kata lain, saat anak sedang mengalami kondisi
psikis seperti in, sejauh mana 'ketidakberhasilan' mengaktifkan otak tengah
bisa berlangsung?

Mungkin dengan tahu jawaban2 seperti pertanyaan di atas, at least kita bisa
tahu esensi dari apa yang di-claim aktivitas ini: "Mengaktifkan midbrain
hanya memerlukan satu setengah hari ; seumur hidup tetap berguna"  You know
what you buy .. :)

Intinya, saya sendiri sangat percaya dengan 'keajaiban' otak kita.  Dengan
sekian banyak sel2 saraf ngumpul dan 'siap untuk distimulasi' di sana, saya
pikir kemampuan organ ini memang luar biasa hingga di zaman sangat modern
seperti sekarang, tetap ada fungsinya yang nggak bisa digantikan mesin
secanggih apa pun.
Mungkin ada yang pernah nonton serial TV _3lbs_ tentang dunia dokter bedah
otak ?  Beberapa adegan brain surgery atau brain recovery nya sering buat
saya kagum akan kehebatan otak yang dikasih 'cuma2 ini sama Tuhan :)

So, sampai saat ini mungkin saya hanya akan memandang kegiatan 'mengaktifkan
otak tengah' ini sebagai salah satu franchise - metode bisnis berlisensi -
yang kebetulan sedang 'naik daun - dan kebetulan ada pasarnya :)
Saya sendiri, kalau boleh mengutip kalimat info di atas, akan tetap
melakukan 'tugas sepanjang hidup' untuk mengaktifkan otak saya.  Tugas yang
sama juga berlaku untuk anak2 saya,  generasi mendatang di mana saya sebagai
ibu berperan penting 'menciptakannya' :)

Setuju banget dengan pendapat pak Didik: belajar adalah proses (perubahan),
bukan hasil ...

Again ... just my very silly thought ..
Sylvia - mum to Jovan, Rena, Aleta & Luigi

Finger print itu beda dgn altivasi otah tengah ....