Hi mbak Rince,

Sorry, belum bisa kasih info tentang harga imunisasi karena usia anak saya baru 14
bulan :).
Cuma mau share ttg. jadwal vaksin MMR and Campak aja.

<Rince wrote:>
Tambahan lagi, mungkin saya ada yg kelewatan, imunisasi apa lagi ya yg mesti
saya berikan buat Dhira (2.4 tahun) selain yg diatas ?
FYI, imunisasi yg sudah diberikan : BCG, DPT1-4, Polio 1-5, Hib 1-3, Hep B
1-3 dan campak. One more question, klo saya sudah MMR apakah masih perlu
cacar juga ?

Setahu saya, imunisasi cacar jadwalnya waktu anak usia 9 bulan, dijadwalkan sebelum
MMR yang sama-sama mengandung vaksin M (measle/campak). Jadi biasanya justru vaksin
campak yang 'di-skip' supaya nanti sekalian diimunisasi MMR.

Cuma, asumsi saya, anak diberi vaksin campak dahulu saat usia 9 bulanan sebagai
tindakan preventif , karena mungkin di usia tsb. rawan kena penyakit campak. Hanya
konsekuensinya, lebih banyak keluar cost (2x imunisasi) dan lebih banyak kunjungan ke
dokternya ;)

Jadi kalau Dhira sudah diimunisasi campak, bisa dilanjutkan dengan MMR. (apalagi
vaksinasi R/rubella cukup penting bagi anak wanita untuk kepentingan kehamilannya
nanti).

Jenis Imunisasi lain yang (dianjurkan) untuk diberikan, kayaknya cacar air atau
varicella yang mulai bisa diberikan sejak usia di atas 12 bulan.

hope that helps and selamat ber-imunisasi ria untuk Dhira,
Sylvia - Jovan's mum