Dear mbak Luluk
Kalau nggak salah dulu pernah dikatakan berakhirnya proses pemberian Asi (
setelah 2 tahun) adalah "berakhirnya kesepakatan anak dan ibu", apa sih
tanda2 kesepakatan  itu ?, bagaimana kajiannya kalau terus menyusui over 2
th ? karena anakku Naufal (10 bulan) itu sama mamanya kayak kangguru,
nggak mau lepas...

Regards
Wirza, papanya Naufal

"Luluk Lely Soraya I" <[EMAIL PROTECTED]>
11/15/2005 10:40 AM
Please respond to
balita-anda@balita-anda.com

"balita-anda@balita-anda.com" <balita-anda@balita-anda.com>
cc

Subject
Re: [balita-anda] ASI

Pak Herman,

Betul sekali yg dikatakan mbak chandra.
ASI mature (asi matang) ada 2 tipe, yaitu foremilk dan hindmilk.
Foremilk adalah ASI yg keluar di menit-menit pertama saat bayi mulai
menyusu pada ibunya.
ASI ini kaya akan protein dan berbagai zat nutrisi lainnya. ASI jenis
inilah yg akan menghilangkan haus dahaga sang bayi.
Karena itu ASI jenis ini yg akan keluar di awal saat bayi menyusui.
Karena penampakannya relatif terlihat spt encer, seringkali
banyak org awam yg menganggap "ASInya jelek".
Jelas ini salah kaprah yg jelas2 SALAH BESAR.

Hindmilk adalah ASI yg keluar di menit2 terakhir setelah foremilk.
ASI jenis ini kaya akan lemak dan karbohidrat serta zat nutrisi lainnya.
ASI jenis inilah yg akan mengenyangkan sekaligus "menggemukkan" anak.
Penampakan ASI jenis hindmilk ini relatif kental, sehingga byk org
menganggapnya sebg asi bagus.
Lagi2 ini akan membuat salah kaprah thd asi jenis foremilk.

Kedua jenis ASI tsb akan selalu didapat bayi saat ia menyusu pada ibunya.
Lalu bagaimana dg jumlahnya ?!
Nah ini jelas tergantung dg kebutuhan anak.
Jika ibu melihat ASInya relatif lebih encer, bsia jadi saat itu anak lebih
membutuhkan foremilk dalam jumlah banyak.
Demikian juga sebalinya. Inilah salah satu kehebatan dari ASI yg tidak
akan pernah dimiliki susu formula jenis manapun dan
semahal apapun. Karena komposisi ASI selalu berubah2 tiap hari bahkan tiap
menit sesuai dg kebutuhan anak !
Tuh kan hebat ya ASI. Ini artinya ASI yg diproduksi ibu yg punya bayi baru
lahir akan berbeda kandungan ASInya dg ASI yg diproduksi ibu
yg punya bayi berusia 5 bl !

Kemudain yg dimaksud oleh Mbak Ria juga benar sekali dg ASI yg keluar di
hari2 pertama saat bayi lahir.
Kolostrumi ni warnanya kuning bening. Dan jumlahnya sangat sedikit (ini
juga sesuai dg kapasitas lambung bayi baru lahir yg hanya butuh sedikit
saja ASI) sektiar 2-3 sdm sehari.
Krn warnanya yg kuning bening plus jumlahnya sedikit gak heran banyak ibu
yg menganggap ASInya belum keluar.
Lagi2 ini tidak benar.

Karena itu ilmu ttg ASI & menyusui selayaknya diketahui ibu dg baik
sebelum ia melahirkan atau bahkan sebelum hamil.

Jadi pak chandra, semoga gak ragu lagi ya !
Salam utk istri. Gak ada kok istilah ASI jelek. Percayalah.

Semoga membantu.
Luluk