Saya juga pernah baca artikelnya, bahkan ikatan dokter anak Amerika melarang
penggunaan baby walker, karena dapat menyebabkan peregangan pada kaki bayi. Namun saya
kira tergantung dari cara pemakaiannya. Kalau dipakai dalam waktu yang lama memang
logikanya kaki anak akan diregang cukup lebar dengan adanya tatakan duduk pada baby
walker.
Apakah baby walker memang mempercepat anak bisa berjalan saya masih belum pasti. Anak
saya juga pakai baby walker namun hanya untuk waktu tertentu. Saya lihat malah dia
jalannya mundur karena kakinya mendorong lantai, tapi setelah itu dia memang bisa di
'tatah' untuk jalan. Jadi terserah kepada bapak sendiri, asal pemakaiannya tidak
terlalu lama.
Namun kalau duduknya belum benar (masih jatuh-jatuh) sebaiknya jangan dulu, karena itu
menunjukkan tulang punggungnya masih belum kuat menahan beban, dan kalau dipaksa pasti
hasilnya jadi tidak baik, tulang bisa melengkung.
Kalau ingin membeli baby walker saya sarankan yang cukup berat (memang mungkin lebih
mahal), dan ada stopper nya agar tidak meluncur karena kejadian pada keponakan saya
waktu ditaruh di dalam dia angkat baby walkernya sehingga jatuh terbalik, untung
kepalanya tidak terbanting.

Riefna Azwita Fahmi
Test System Unit RisTI - Telkom
Jl. Gegerkalong Hilir 47 Bandung-Indonesia
E-mail: [EMAIL PROTECTED]
Learn Telecommunication Technology at http://www.gematel.com
http://www.ristinet.com - See the difference think better