Pak Abidin,

Umumnya bakso diberi penyedap rasa dalam jumlah yang cukup besar, dimana
rasa gurih ini cenderung disukai anak-anak. Disamping itu, ada beberapa
pembuat bakso yang menambahkan bahan pengawet. Para ahli gizi menyarankan
agar anak-anak (juga kita) tidak mengkonsumsi makanan yang mengandung bahan
pengawet.

Mengenai penyedap rasa (monosodium glutamat), sampai saat ini belum jelas
benar apa efek yang nyata terhadap pertumbuhan anak-anak. Ada yang
menyatakan menghambat pertumbuhan sel otak?. Mungkin netter yang lain bisa
memberi info ttg. hal ini.

Pengalaman saya, anak saya (2.5 th) sebelumnya kami beri multivitamin
tambahan yaitu Lysmin. Tujuan utama sebenarnya untuk meningkatkan nafsu
makannya. Tetapi tidak begitu banyak membantu. Selama susah makan, kami
memberi susu formula chilmill (6 x 180 ml) sehari, dan berat badannya pada
garis normal (sekarang 15 kg).

Beberapa waktu yang lalu ada teman memberi informasi untuk mencoba
multivitamin Biolycin. Saya konsultasikan dengan dokter anak, dan dia juga
merekomendasikan. Saya melihat ada peningkatan yang signifikan setelah minum
biolycin itu.

Barangkali Pak Abidin bisa mencobanya.

Terimakasih,

Best Regards,