Bagi pengalaman, mudah - mudahan berguna.

Bulan Mei kemarin ( tgl 7 s.d 23 ) saya mengambil cuti dan melakukan perjalanan jauh.
Kami ( saya, suami dan Syauqi  6 bulan ) menempuhnya dengan semua sarana angkutan yang
ada dari pesawat sampai becak ( he..he.. ).  Sengaja biar tahu rasanya dan mengambil
pengalaman untuk berikutnya. Berikut cerita masing - masing angkutan.

KAPAL LAUT ( PELNI )
Makassar - Surabaya ditempuh dengan kapal selama 24 jam.  Syauqi  enjoy aja naik
kapal. Malah tidur terus, bangun cuma buat nenen dan main sebentar terus tidur lagi.
Sebaiknya ambil kelas 1 jadi bisa suami - istri satu kamar.  Selama di kapal jadwal
harian dia tidak berubah  berhubung masih ASI, dia hanya minum ASI terus.  Untuk anak
seusia anak bapak kayaknya kapal enak deh.  Seperti di kamar hotel kok, mandi ada
airpanas, dingin.  Goncangan juga tidak begitu terasa.  Apalagi anak usia 2 bulan kan
masih tidur terus.  Kalau butuh air panas ( bila minum formula ) tersedia.  Terus
kalaupun rewel bisa jalan  - jalan.

KERETA API
Surabaya - Semarang ditempuh dengan Argo Anggrek selama 3 jam.  kekurangan kereta,
suaranya yang ribut.  Enaknya, kita bisa jalan - jalan digerbong kalau bosan duduk
terus.  Syauqi kemarin ketika naik malah asyik melihat interior, nggak mau tidur.
Setelah capek baru tidur dan suara yang ribut nggak mengganggu.  AC memang cukup
dingin, paling saya bungkus pakai baju panjang, kaus kaki terus selimut.  Kalau anak
usia 2 bulan bisa dimasukkan ke keranjang bayi dengan resiko nambah 1 seat lagi.
Ibunya jadi bisa istirahat.  Pengalaman kemarin Syauqi saya pangku , jadinya saya
tidak bisa tidur sama sekali takut kita terlelap Syauqi bisa jatuh.  Jangan lupa bayi
dibungku rapat.  kalau bisa topinya yang menutupi telinga ( saya saja kemarin
kedinginan).

MOBIL PRIBADI
Semarang - Solo ditempuh dengan mobil selama 3 jam.  dari semua angkutan yang paling
enak mobil pribadi.  Sepanjang perjalanan Syauqi tidur terus, baru bangun ketika
sampai halaman rumah mertua.  Anak bisa dimasukkan keranjang bayi, pasang seat
beltnya.  Ibu dan anak bisa duduk di belakang, ibunya bisa istirahat sambil mengawasi
dan memenuhi kebutuhan anak.  Biasanya bila dimobil anak suka tidur soalnya kayak
diayun- ayun.

BUS
Semarang - Surabaya ditempuh dengan bus selama kl. 7 jam.  Karena sibuk memangku
Syauqi saya tidak bisa tidur.  Bahkan sempat Syauqi saya ikat ke pinggang takut saya
terlena terus jatuh karena direm busnya.  Sebaiknya pakai keranjang bayi atau anak
digendong pakai kain biar tidak was - was kalau pas direm mendadak.  Kalau naik bus
pengaruhnya ke anak kayaknya nggak ada malah asyik tidur, cuma kitanya yang repot
takut jatuh dari pangkuan.

PESAWAT
Surabaya - Makassar  ditempuh dengan pesawat selama 1 jam 15 menit.  Pesan dokter,
selama dipesawat sering - sering diberi minum untuk mengurangi resiko karena tekanan
udara. Kalau perlu nempel terus ( nenen terus ) nggak - apa - apa. Perjalanan kemarin
malah Syauqi asyik bergurau dengan penumpang yang di belakang.

Kesimpulan :
Angkutan paling enak mobil pribadi.  Perjalanan bisa diatur, anak buang air pun tidak
masalah  ( apalagi umur 2 bulan masih sering BAB ).  Jangan lupa semua perlengkapan
dibawa , air baik untuk minum maupun untuk nyebokin bila BAB.  Yang tak kalah penting
makanan untuk ibunya, terutama ibu menyusui.  Kalau terlupa wah bisa berabe, ntar
ASInya kering.
Bila tidak memungkinkan mobil pribadi ( nyebrang laut ), paling enak yang singkat
perjalanannya jadi tidak terlalu capek.
Alhamdulillah sampai Makassar lagi Syauqi sehat - sehat saja, cuma agak rewel ketika
ditinggal kerja lagi ( maklum 2 pekan sama umminya terus ).

Mudah - mudahan bisa diambil hikmahnya.

Umminya Syauqi