"N. Kesawa" wrote:

> Kapan sebaiknya balita mulai menyikat gigi, apakah sejak gigi pertama
> tumbuh atau menunggu waktu tertentu.

Papanya Agastya,
anak saya mulai disikat giginya baru sekitar umur 1 tahun-an... He-he...
telat, ya, kalau menurut artikelnya bu Yuli...?
Mula-mula saya sikat sendiri dgn. sikat ukuran paling kecil, tapi
pikir-pikir kurang efektif karena masih terasa kegedean buat giginya ,
pun kebanyakan 'berantem'nya dengan Ella. Dia pengen pegang dan 'sikat'
sendiri. Saya pikir baik juga, kalo dia mau belajar sikat gigi, supaya
nanti terbiasa. Tapi, rasanya nggak puas juga, karena nggak saya sikat
sendiri... (he-he... bandel juga nih, ibunya...).
Jadi saya beli lagi sikat gigi yang bisa dimasukkan jari. Gantian... saya
sikat dulu gusi dan giginya (sikatnya lembut... sekali, spt. dari karet /
plastik - bisa disteril. Paling cocok utk. anak bayi.) sementara dia
pegang-pegang sikatnya, baru kemudian giliran dia 'menyikat' gigi.
Sikatnya dicelupin ke air mateng, lalu digosok -gosokkan ke giginya.
Saya nggak pake odol, karena katanya, pemakaian odol nanti kalau anaknya
sudah bisa meludahkan kembali. Karena kalau tertelan tiap kali sikat gigi
(walaupun pasta gigi bayi tidak berbahaya kalau tertelan - kata
kemasannya !), bisa membuat kelebihan fluor (fluorosis) dan membuat gigi
bercak-bercak / abu-abu.
Begitu dari saya...
_/)(\_     |~          Salam,
 /~~\    o'  |~        Rien.