muhammad taufik wrote:

> Atau ada netter yang pernah punya pengalaman bisa membalikkan posisi
> bayi dari sungsang menjadi normal ?

Pak Taufik,
waktu kandungan saya 7 bulan dulu, juga dinyatakan sungsang. Dokter saya
menganjurkan utk. rajin2 (setiap hari, min 2x, setiap kali 1/2 jam-an) utk.
menungging - spt. posisi sujudnya sholat. Maksudnya utk. memutar titik berat
si bayi supaya kepalanya arah bawah. Diharapkan masih bisa berputar, karena
ukuran bayi juga masih kecil dan masih bebas berputar. Yang uniknya, suami
saya juga suka 'bicara' ke anak kami " Jangan bikin susah Mami-nya ya, naak...
Ayo putar lagi ke posisi yg. benar supaya bisa lahir normal...", sambil
mengelus2 perut saya..:-). Disamping itu tentu berdoa supaya Tuhan yg. memberi
posisi yang terbaik buat bayi kita.
Dalam kasus saya, selama 2 minggu masih sungsang terus, tapi kontrol 2 minggu
kemudian sudah pada posisi normal. Kita juga bisa mencek sendiri kok, apakah
kepala di atas atau di bawah, dengan meraba, bagian paling keras (kepala)nya
di sebelah mana.
Memang semakin besar kandungan semakin susah posisinya utk. berputar. Apalagi
kalo bayinya juga berukuran besar. Tapi teman saya juga ada yg. sampai 9 bulan
masih sungsang, kemudian bisa berputar lagi jadi normal. Oleh dokternya, dia
disuruh mengatur makanan utk. menjaga ukuran bayi tidak sampai besar sekali
disamping tiap hari menungging spt. saya...:-).
Begitu saja sharing dari saya.

_/)(\_     |~          Salam,
 /~~\    o'  |~        Rien.
  ^ ^