Halo mbak Reiko,
sebenarnya saya ngga punya tips/trik nih...
Anak saya sejak usia 6 bln, dia sudah makan bubur saring (nasi+ikan+sayur
kadang ditambah tempe/tahu,kaldu ceker/daging, 1 sdt mentega kadang2x daging
giling 1 sdm, tomat 1 bh atau wortel) ikannya juga selang-seling antara ikan
laut (macam2x jenis) dan ikan tawar (cuma lele), udang kecil semuanya tanpa
bumbu, garam atau gula.
Hingga usianya 12 bln dia sudah makan nasi lembek yg lauknya disuir2x jadi
kecil2 (ikan/sotong/udang/daging + sayur direbus dulu)
Sekarang anak saya (13,5 bln) mulai saya beri sup ikan+makaroni yg dibumbui,
dan sepertinya anak saya senang2x aja, dan giginya 8 bh semua bagian depan
(4 atas 4 bawah) terakhir giginya tumbuh sekaligus 4 ketika usianya 8 bln,
dan sampai sekarang belum tumbuh yg lainnya, o ya anak saya makan bubur
instant (Milna bubur khusus) mulai usia 4-6 bln saja, trus saya stop diganti
bubur nasi buatan sendiri.
Anak saya kalo makan, dirasa dulu,dikunyah sedikit trus ditelan kalo lagi
nafsu, kalo lagi ngga nafsu cuma dirasa trus dilepeh....,

Mungkin tiap anak beda2x ya mbak, sejak usia 6 bln - kini, saya belum pernah
mengasih telur dan ayam sebagai lauknya, dan kemarin saya coba sup ayam, dia
ngga mau... cuma mau minum kaldunya saja, telur juga begitu...., mungkin
kalo dari usia 6 bln saya perkenalkan telur/ayam kali dia mau yah..., atau
mungkin juga anak mbak juga begitu ya..., ngga mau diperkenalkan dg makanan
baru...

begitulah mbak cerita saya,

salam
mama kevin