Sudah kurang lebih setahun saya mencari bagaimana mengajar anak saya
membaca, dan malam ini saya berterima kasih kepada Tuhan dan Montessori yang
telah membuat saya memahami bagaimana mengajar anak membaca. Kekaguman yang
saya alami membuat saya ingin menuliskannya.

Syarat: anak sudah mengetahui bunyi dari huruf2. Huruf b bunyinya beh, huruf
k bunyinya keh, huruf o bunyinya o.
Huruf k bunyinya bukan 'ka' seperti dalam kata 'kalau'. Tetapi huruf k
bunyinya seperti suku kata 'ke' dalam kata 'kena', dengan bunyi k disuarakan
sekeras mungkin dan bunyi e ditekan seminimal mungkin. Dalam membunyikan
semua konsonan, selalu usahakan agar vokalnya tidak dibunyikan. Contoh yg
paling gampang adalah huruf s. Kita bisa bunyikan s tanpa vokal. Bunyinya:
mendesis. Bukan sa, se, atau su. Hanya mendesis.

Alat: dua kotak berisi huruf2. Kotak 1 berisi vokal. Kotak 2 berisi
konsonan. Huruf dibuat dari karton yang digunting2. Ukuran semua huruf sama.
Warna huruf2 di kotak 1 sama semua (misalnya merah). Warna huruf2 di kotak2
sama semua (misalnya biru). Saya tidak tahu apakah lebih baik huruf besar
atau huruf kecil. Tapi kalau huruf besar ya huruf besar semua, kalau huruf
kecil ya huruf kecil semua. Mungkin lebih baik huruf kecil karena tulisan
dalam huruf kecil lebih sering dijumpai. Tumpahkan isi kedua kotak di atas
meja. Isi kotak 1 jangan sampai nyampur dengan isi kotak 2. Misalnya isi
kotak 1 taruh di kiri, isi kotak 2 taruh di kanan.

Bagian 1:
Kita bilang dengan suara keras: "ibu. i, beh, u." Lalu kita ambil huruf i
sambil bilang "i". Letakkan huruf i tsb di meja. Ambil huruf b sambil bilang
"beh". Taruh huruf b di samping huruf i di meja. Ambil huruf u sambil bilang
"u". Taruh huruf u tsb di samping huruf b. Bilang "ibu".
Lihat reaksi anak apakah anak mengerti bahwa kata ibu terdiri dari huruf
i,b,u. Ulangi lagi dengan kata yang sederhana. Kata tsb harus sudah dikenal
anak. Misalnya aku, meja, buku, bola, gelas, makan. Yang kita cari adalah:
anak mengerti bahwa kata meja terdiri dari bunyi2 em, e, jeh, a. Kata bola
terdiri dari bunyi beh, o, el, a. Setelah itu anak akan mencari sendiri
huruf2 tsb dan menyusunnya seperti yang sudah dicontohkan. Coba dengan 10
kata dulu yang gampang2. Kalau sampai kata ke 10 anak belum mengerti, ulangi
lagi kata pertama. Jangan dulu mencoba kata ke 11.

Selesai tahap ini, anak sudah mengerti bahwa kata terdiri dari bunyi2. Dan
bunyi bisa diwujudkan dengan huruf. Ulangi terus pelajaran ini sampai anak
bisa 'menuliskan' bermacam2 kata. Mulai masukkan kata2 yang susah seperti
vokal diikuti vokal (misalnya main), konsonan di akhir suku kata (misalnya
pergi dan makan), konsonan diikuti konsonan (misalnya pr), bunyi yang
direpresentasikan dengan 2 huruf (misalnya bunyi "eng" hurufnya ng). Ulangi
terus sampai anak bisa 'menuliskan' berbagai kata dengan benar.

Bagian 2:
Kita siapkan 1 kotak berisi sekitar 20-30 kartu. Tiap kartu kita tulisi
dengan 1 kata sederhana yang sudah dikenal anak. Misalnya 'nasi'. Kita ambil
1 kartu dan berikan ke anak. Bilang "Coba sebutkan huruf demi huruf". Anak:
"en, a, s, i". Bilang "coba lebih cepat". Anak: "en, a, s, i". Bilang "Coba
lebih cepat lagi". Anak: "en, a, s, i". Setelah ke-4 huruf itu
diucapkan/dibunyikan dengan sangat cepat sekali, bunyinya akan menjadi
'nasi'. Bilang "Nasi. Betul Agus, nasi. Pintar. Nasi." Yang kita cari di
sini adalah: anak tahu bahwa berapa bunyi kalau diucapkan dengan cepat
sambung menyambung, akan menjadi kata yang sudah dia kenal artinya. Coba
kata kedua. Ketiga. Setelah beberapa kata, mustinya reaksi anak: heran.
Pikirnya: "Kalau huruf2 itu saya ucapkan dg cepat, jadinya suatu benda yang
saya kenal". Dia menjadi ingin tahu, kartu2 lainnya kalau huruf2nya
diucapkan dengan cepat jadinya apa. Dia akan ambil kartu2 lain. Dan
membacanya.

Buku Montessori yg saya baca: The Discovery of the child, penerbit: Clio. Di
buku itu Maria Montessori bilang, cara ini terbukti berkali2 di banyak
tempat membuat anak lebih cepat membaca. Dg cara ini anak normal biasanya
membaca dan menulis pada umur 5 tahun.