Dear netters dan pak/bu dokter,

Sudah dua hari ini anak saya, 16 bulan terkena diare. Awalnya sih, hari RAbu
pagi, pupnya keras - dan nggak mau makan bubur paginya dan nggak mau makan
pisang. Trus setelah itu mulai deh serial pupnya, cair (walaupun masih
berampas)..hari itu dia pup 5 kali. Makan siang dan malamnya bagus malah
nambah. Minumnya juga banyak.

Hari Kamis kemarin masih diare juga, seharian itu 4 kali pup. Malamnya saya
bawa ke DSA. Dikasih Septrim (eh..bener nggak nulisnya) yang harus ditebus
hanya kalau hari ini dia masih diare. Waktu itu, dr Hegar nanya apakah ada
darah dan lendirnya. Karena saya nggak tau, saya bilang rasanya sih nggak
(karena pas Rabu malam, pup lagi saya liat sih kayaknya nggak ada). Ternyata
kata Omanya, ada lendirnya. DSAnya bilang untuk makan pisang dan kurangi
atau malah stop sayuran dulu, coba disembuhkan dengan diet aja dulu katanya.

Naa...kata DSAnya kemungkinan kalau nggak bakteri atau kuman, mungkin kena
virus. Yang saya mau tanya:

1. Virus apa ya yang kemungkinan menyerang Kika? Waktu usianya 6 bulan, dia
malah opname, karena pupnya cair dan ada darahnya - pakai diinfus lagi).
Waktu itu katanya juga lagi berjangkit virus di sekitar rumah Omanya dan
kemungkinan kena waktu jalan-jalan pagi dan sore).

2. Apa signifikansi adanya lendir dalam feses? Indikasi apa sih itu? Gawat
nggak?

3. Lalu, DSAnya bilang kalau sudah 3 hari dikasih Septrim masih diare, harus
diobservasi lebih lanjut. Kemungkinan diagnosa awalnya apa ya?

Terima kasih ya atas tanggapannya. Mohon maaf kalau sudah pernah dibahas.

Mamanya Kika