From: mamanya Dafi [mailto:[EMAIL PROTECTED]]
Sent: 30 Juli 2001 8:41
To: [EMAIL PROTECTED]
Subject: RE: [balita-anda] Tanya diare pada batita

Kalau pupnya berdarah, kemungkinannya disentri amoeba,
jadi sumbernya kuman/bakteri. Usahakan saat anak BAB
dan BAK, setelah diceboki, tangan anak dan pengasuhnya
sama-sama dicuci dengan air dan sabun sampai bersih,
dan usahakan anak tidak sering sering bermain di tanah
tempat biasanya bakteri amoeba bersarang. Kalau tidak
tuntas disentri ini akan selalu berulang.
Kalau tidak berdarah, biasanya virus, yang sering
namanya Rotavirus. Sebenarnya ada vaksin untuk ini,
tetapi masih belum dianggap aman. Sayangnya mneurut
survey anak usia 0-5 tahun minimal 1x akan terserang
virus ini, jadi apa boleh buat, yang penting kita tahu
cara pengobatannya.

Diare karena amoeba harus diobati tuntas biasanya
dengan antibiotik sedangkan untuk virus karena tidak
ada obatnya jadi ditunggu sampai reda sendiri dengan
dibantu pemasukan cairan yang cukup dan bisa diberi
antibiotik untuk mencegah efek samping dari badan yang
lemah.

Usahakan tidak banyak makanan yang berserat tinggi
karena akan merangsang kerja perut dan makin sering
pup. Buahnya pisang raja sereh dan apel sedangkan
untuk karbohidratnya dari bubur tepung beras, supaya
agak enak bisa ditambah gula merah (seperti bubur
sumsum), kalau sudah agak reda bisa diberikan tahu,
labu siam, atau sayur lain yang tidak berserat tinggi.
Semoga Kika cepat sembuh ya bu..

Mamanya Dafi