"Jika ingin memfilter data ke sheet lain maka satu - satunya cara
adalah dengan macro..."

Apakah kalimat itu dilatar belakangi oleh warning dari excel:

"You can only copy filtered data to the active sheet."

Jika ya, kita perlu pertimbangkan bahwa hal itu bukan berarti kita tidak bisa
menempatkan hasil advanced filter ke sheet lain lho,, kita bisa menempatkan
hasil advanced filter ke sheet yang lain,, dan tanpa memakai macro...

Jika tidak, abaikan pesan ini :)

caranya? mulailah menjalankan advanced filter dari sheet yang akan menjadi
penempatan dari advanced filter (bukan dari sheet yang berisi data yang akan
difilter).
misal: data ada di sheet1 dan hasil advanced filter akan ditaruh di sheet2
jika kita mulai menjalankan advanced filter dari Sheet1, maka warning "You can
only copy filtered data to the active sheet." akan muncul, tetapi jika
menjalankan advanced filternya dimulai dari Sheet2, warning tersebut tidak akan
muncul, karena... kita mem-filter data to the active sheet... logis kan ;)