Memperkenalkan Puasa Pada Anak

By: agussyafii

Pagi tadi ketika saya dan istri saya bangun untuk makan sahur, Hana putri saya
masih tertidur. Setelah makan sahur, saya melanjutkan sholat subuh di masjid.
Untuk bulan Romadhon tahun ini adalah puasa yang pertama kalinya. Istri saya
sudah mengingatkan Hana agar berpuasa. Memperkenalkan puasa sungguh terasa
berat bagi Hana karena pertama kalinya karena usianya 4 tahun.

'Mah, lapar nih..' kata Hana, jam dinding menunjukkan pukul 10 siang. 'Hana
boleh..minum setelah adzan Dhuhur ya..' bujuk istri saya.

Anak-anak hingga usia akil balig (12 tahun) belum diwajibkan berpuasa. Namun,
sebagian besar ulama sepakat untuk mengajarkan puasa sejak kecil agar di usia
akil balig nanti, anak sudah terbiasa berpuasa.  Sejak usia berapakah anak
mulai dapat diajarkan berpuasa? Nabi SAW menganjurkan untuk mengajarkan salat
yang menganjurkan anak dilatih salat saat anak-anak, beberapa ulama memakai
usia awal untuk melatih anak berpuasa.

Memperkenalkan puasa pada anak untuk berpuasa walau setengah hari lebih pada
memahami seluk beluk berpuasa sehingga anak merasa senang berpuasa dengan
adanya perasaan senang inilah anak-anak akan melaksanakan puasa karena kemauan
sendiri bukan karena paksaan orang tuanya.

Begitu terdengar Adzan Dhuhur Hana berteriak. 'Mah..maem ya..' Akhirnya istri
saya menyuapinya pertanda Hana sudah boleh berbuka. 'Setelah ini berpuasa lagi
ya..' Mata Hana berbinar.  Hana berlarian penuh keceriaannya dibulan suci
Ramadhan karena sudah mengenal puasa.

Wassalam,
agussyafii

---
Senyum menyambut ramadhan, senyum kemenangan adalah senyum amalia. Yuk,
berkenan berbagi senyuman dalam sebuah program 'Senyum Amalia.' Kegiatan
program 'Senyum Amalia' adalah Obrolan Puasa (Opus), Tadarus, Berbuka Puasa
Bersama, Paket Bingkisan Senyum Amalia, akan diselenggarakan pada hari Ahad, 30
Agustus 2009 di Rumah Amalia. Kirimkan dukungan dan senyuman anda di
http://agussyafii.blogspot.com atau http://www.facebook.com/agussyafii atau sms
di 087 8777 12431

Kirim email ke