> Andre:
> Mas...itu bukan pertanyaan banci, tapi "sopan" hehehe...soalnya saya
> sendiri blom pasti soal "pembunuhan" karakter ini...karena kalo soal
> "pembunuhan" kan mesti ada motif...dari yang "hidup" dibikin
> "mati"....jadi ada tujuan disengaja, sedang saya melihat nya ini
> merupakan cerita ttg keadaan keluarga Yesus yang apa adanya.

Adji:
1. Jika anda "belum pasti" soal pembunuhan karakter, tampaknya anda "sudah
pasti" dengan hal yang lain. Silakan sanggah analisis saya atau buat
analisis anda yang menyanggah analisis saya.
2. Apa yang anda maksudkan dengan pernyataan "cerita ttg keluarga Yesus yang
apa adanya"? Tolong jelaskan dan buktikan berdasarkan analisis Teks.
----------------------------

Andre:
> kembali ke pandangan saya bahwa injil itu saling
> melengkapi...sebenarnya (ngaku nih mas) saya tuh agak "terikat" dengna
> konsep kalo "bible" tuh gak salah...paling2x salah terjemahaan ato
> salah salin doank...tp intinya tidak akan bertentangan...gitu
> mas....jadi selama ini saya merasa "aneh" kalo denger alkitab tuh ada
> yang "salah"...gitu

Adji:
1. Sejak awal diskusi (ingat definisi anda mengenai Injil?), saya sudah
menduga.
a. Doktrin "ineransi" yang anda pegang adalah doktrin Fundamentalis, yang
salah satu pembela gigihnya adalah kelompok Tong (STTRII).
b. Doktrin ini disertai oleh pandangan filsafat "positivis empiris". Hasil
akhirnya adalah definisi Injil sebagai "laporan peristiwa Yesus yang akurat
atau tidak mengandung kesalahan".
c. Justru gara-gara definisi itu, anda akan melihat perbedaan-perbedaan di
Injil sebagai "kesalahan".
d. Namun ketimbang mengakui hal itu, anda --sama seperti kaum Fundamentalis
umumnya-- akan ngotot berpegang pada doktrin dan cara pandang positivis itu.
Doktrin itu sudah dianggap "Firman Tuhan" yang tidak mungkin salah.
e. Salah satu cara untuk mempertahankan doktrin Ineransi dan pemahaman
positivis adalah (1) mengulang-ulang mantra "Injil2 saling melengkapi" dan
(2) mengharmonisasi perbedaan yang ada di ke-4 Injil sehingga hasil akhirnya
adalah Injil Ke-5 -- versi anda sendiri.

2. Saya sarankan Bung Andre untuk berpikir kritis terhadap doktrin yang
menyesatkan anda.
a. Alkitab adalah tulisan manusia dari zaman kuno.
Di dalam Alkitab adalah wajar bila terdapat kesalahan yang tak disengaja
atau disebabkan oleh keterbatasan manusiawi. To error is human.
b. Kesalahan yang disengaja
Dalam pendekatan saya, sebagian kesalahan di Alkitab, termasuk di Injil,
adalah "kesalahan" yang disengaja. Berdasarkan "kesalahan" ini, kita akan
lebih dipermudah untuk memahami maksud dan pemikiran khas si penulisnya.
c. Perbedaan bukan kesalahan
Lebih dari itu, perbedaan yang ada di Injil-injil (kronologi dan unsur2
cerita lainnya) lebih memperlihatkan rekayasa khas penulisnya, yang pada
gilirannya memperlihatkan teologi khasnya. Contoh yang kasat mata adalah
perbedaan Silsilah Yesus dan cerita Natal antara versi Matius dan versi
Lukas. Keduanya direkayasa agar sesuai dengan teologi khas penulisnya
masing-masing.
---------------------------------------

> ibu nya
> Teks dan
> menyimak
>
> Andre:
> wah sorry....kurang konsen pas baca...tar saya baca ulang deh.

Adji:
Kalau belum ketemu, harap lapor :))
---------------------------------

> Rakhmat, dll.
>
> Andre:
> muda sih masih....tp waktu untuk sekolah alkitab gak ada nih...sibuk
> ama pergulatan hidup....sementara ini yah gini deh...masuk banyak
> mailing list ama tanya jawab....belajar sendiri gitu...

Adji:
Katanya Alkitab "Firman Tuhan", kok dinomorduakan?
Hehehe... just kidding.
---------------------------------

> melengkapi dan
> pun itu
> tahap
>
> Andre:
> menurut saya sih memang keadaan keluarga Yesus yah seperti itu...jadi
> "Maria" tidak di "bunuh" oleh injil Markus...sehingga yah sosok Maria
> yah seperti itu...tidak perlu di-over rated- kan

Adji:
Saya belum jelas dengan pendapat anda.
1. Bung Andre mengatakan "keadaan keluarga Yesus seperti ITU".
Seperti ITU artinya (1) seperti yang diceritakan Markus" dan (2) seperti
yang saya analisis dan simpulkan: "membunuh (karakter) Keluarga Yesus".
Dengan kata lain, anda seharusnya setuju dengan saya sebab saya sudah
memperlihatkan apa yang "seperti itu".
2. Namun pernyataan Bung Andre selanjutnya...
Tampaknya anda punya pendapat lain mengenai "seperti ITU".
Jika anda (ternyata) tidak setuju dengan pendapat saya atau punya pendapat
lain (seperti yg anda katakan), saya ulangi untuk kesekian kali: silakan
sanggah analisis saya atau buat analisis anda sendiri yang dapat menyanggah
analisis dan pendapat saya.
Pernyataan-pernyataan anda yang umum ("menurut saya, bla-bla-bla... jadi
bla-bla-bla) tidak ada gunanya untuk diskusi kita. Itu cuma bagus buat debat
kusir di warung kopi :))

Salam,
Adji