> adalah "cerita yang
>>
> Hs:
> Mas, kata sejarahwan Taufik Abdullah: Sejarah adalah pilihan.
> Jadi perbedaan cerita dalam sebuah sejarah, tidak selalu direkayasa.
> Itupun krn definisi saya ttg "pilihan" >< rekayasa. orang memilih
> utk bercerita apa adanya, tp bisa memilih mana yg mau diceritain
> tanpa mengubah isi. dalam hal ini kan manusiawi toh, mas.

Adji:
1. Tidak ada "cerita apa adanya"; yang ada adalah memilih secara sadar dan
memilih secara kurang sadar.
2, Benar, itu manusiawi dan Alkitab memang manusiawi.
-------------------------------

> HS:
> mas Adji, kl doktrin ineransi dibuang, bagaimana dg perkataan
> Alkitab itu infallible, apakah bisa diterima?

Adji:
Coba jelaskan dan buktikan, siapa tahu bisa diterima :))
---------------------------

> HS:
> Sesuai tager kl tidk salah, tulisan manusia yg diilhamkan Roh Kudus.
> begitu, tager kan?

Adji:
Ya, itu pernyataan "gado-gado" dari 2 bahasa yang berbeda.
Jangan minta saya untuk menjelaskan pernyataan yang gak berguna buat
menafsir Alkitab itu.
----------------------------

> HS: mbok, apa perlu dibenerin tho?

Adji:
Perlu buat orang-orang Fundamentalis, hehehe...
-----------------------

henry:
> Nah ayo...turunkan ilmu tafsir Anda, tapi tolong pelan2 dan lebih
> sistematik...

Adji:
Saya sudah berusaha, lengkap dengan sistem penomoran (1, a, b, dll :))
Masalahnya, Bung Andre rajin kagak baca Injilnya itu sendiri?
Saya sudah sering bertemu dengan orang yang merasa sudah baca Injil,
kenyataannya belum :((

Salam,
Adji