Berkata Ahnaf bin Qeis ra: Aku berangkat (dengan pedang terhunus) untuk
menolong seseorang, lalu kutemu Abu Bakrah ra berkata: kau akan kemana?,
kujawab: ingin menolong pria itu..!, maka berkata Abu Bakrah ra: Pulanglah..!,
aku mendengar Rasul saw bersabda: “Jika berkelahi dua kelompok muslimin dengan
senjata mereka, maka yang membunuh dan yang dibunuh masuk neraka”. Lalu
kubertanya: Wahai Rasulullah (SAW), aku mengerti kalau yang membunuh masuk
neraka, tapi apa salahnya yang dibunuh (masuk neraka pula)?, sabda Rasul SAW:
“Karena sebelum ia terbunuh ia sudah siap (menghunus pedang) untuk membunuh
temannya itu”(Shahih Bukhari)