http://t.co/0m3WgUEW4i

Pemimpin Oposisi Australia Tolak Donasi Perusahaan Rokok

Jumat, 23 Agustus 2013 | 08:22 WIB

CANBERRA, KOMPAS.com — Pemimpin Partai Liberal Australia, Tony Abbott,
mengumumkan partainya tidak lagi menerima donasi dari perusahaan rokok, sejalan
dengan rencana pemerintahan Partai Buruh yang akan melarang semua parpol di
Australia menerima sumbangan serupa.

Pernyataan Abbott itu disampaikan ketika mengumumkan rencana kebijakan bidang
kesehatan yang akan dijalankan jika terpilih dalam pemilu 7 September mendatang.

Sebelumnya, Perdana Menteri Australia, Kevin Rudd, mengatakan, jika terpilih
kembali, pemerintahannya akan mengeluarkan peraturan yang melarang parpol di
Australia menerima donasi dari perusahaan rokok.

Partai Buruh sudah menolak donasi serupa sejak tahun 2004 ketika masih dipimpin
Mark Latham.

Menurut data komisi pemilu Australia, AEC, perusahaan rokok Philip Morris dan
British American Tobacco mendonasikan dana 8.000 dollar ke Partai Liberal tahun
2011 dan 2012.

Abbott sebelumnya membela donasi seperti itu dan menyebutnya tidak akan
memengaruhi kebijakan yang akan diambil.

"Waktu menjadi menteri kesehatan, saya yang menyetujui gambar peringatan
kesehatan yang ada di bungkus-bungkus rokok. Di bawah pemerintahan Howard,
jumlah perokok menurun sebesar 20 persen," jelasnya.

"Saya telah perintahkan Partai Liberal untuk tidak lagi menerima dana dari
perusahaan rokok, dan sejalan dengan itu, saya kira Kevin Rudd seharusnya
mengembalikan juga dana perjalanan yang diterimanya dari perusahaan pembuat
mesin rokok Jerman," tegas Abbott.

Tahun lalu Kevin Rudd ke Jerman menghadiri konferensi dan disponsori Korber
Foundation, perusahaan pembuat mesin rokok. Sejak itu, ia mengaku tidak
tahu-menahu bahwa perjalanannya dibiayai perusahaan tersebut.

Editor: Egidius Patnistik
Sumber: ABC Australia

<*> Your email settings:
    Individual Email | Traditional