Namo Buddaya juga,
    Dalam pandangan Buddhis saya pribadi, mengadu/memohon pada Tuhan, dewa,
dewi bukanlah suatu solusi yang memuaskan, karena semuanya adalah akibat
dari karma kita sendiri. Jika hal ini dipahami dengan sendirinya kita akan
berusaha untuk memperbaiki kesalahan kita.
    Mengadu/menangis hanya dipandang secara psikologis dapat membantu menata
pikiran kita sehingga suatu masalah dapat dilihat dengan jelas. Jika masalah
bisa dilihat dengan jelas dengan sendirinya kita dapat memutuskan jalan
keluar yang terbaik. (Tapi cara ini relatif dan tidak berlaku bagi setiap
orang, sehingga cara yang universal menurut sy adalah dgn meningkatkan
kesadaran untuk melihat segala sesuatu apa adanya, hiduplah di saat ini,
tidak melekat pada apapun juga, kembangkan cinta kasih dst dst...).
    Sedangkan maksud one self protecting one self adalah melindungi/menjaga
ucapan, perbuatan dan pikiran kita sendiri atau dengan kata lain tidak ada
yang dapat menyucikan diri kita. Jadi kalau anda sakit secara fisik maupun
secara mental bukan berarti anda tidak dapat meminta bantuan dokter dsb
karena hal itu terbukti lebih bermamfaat (daripada hanya mengadu/memohon
pada Tuhan, misalnya?).
    Menurut pendapat saya, anicca maksudnya adalah perubahan/proses di mana
tidak ada sesuatupun yang berkondisi akan tetap sama bahkan dalam satu
detik. Dan menurut dhamma kemelekatan pada yang segala sesuatu yang tidak
kekal hanya akan berakhir pada penderitaan.
    Lagipula segala sesuatu di luar pikiran/diri kita sifatnya adalah netral
sehingga bobot masalah yang kita hadapi jg bersifat relatif. masalah yang
sama mungkin bisa berbeda jika dihadapi oleh orang yang berbeda, terus apa
yang membuat masalah tersebut menjadi berbeda? Sekali lagi jawabannya
adalah... pikiran kita masing2.
    Jika ada ucapan saya yg salah mohon diperbaiki. Anumodana.

GE.