JADILAH CAHAYA BAGI DIRI SENDIRI!

Kita akan menyelidiki apa arti dari ‘menjadi cahaya
bagi diri sendiri’ bersama-sama, dan melihat betapa
luarbiasa pentingnya untuk punya cahaya ini.

Pengkondisi kita adalah untuk menerima otoritas
—otoritas dari sang pendeta, otoritas dari sebuah
buku, otoritas dari seorang guru, otoritas dari
seseorang yang mengatakan ia tahu. Di dalam semua
urusan spiritual —apabila kita boleh menggunakan kata
spiritual itu— mesti tidak ada otoritas apapun; bila
tidak demikian, Anda tidak bisa melaksanakan
penyelidikan dengan bebas, untuk mencaritahu sendiri
apa arti dari meditasi. Guna melangkah ke dalam
pertanyaan seputar meditasi, Anda mesti bebas
seutuhnya, ke dalam, dari semua bentuk otoritas, dari
segala bentuk pembandingan, termasuk otoritas dari si
pembicara ini, bahkan khususnya dari otoritas si
pembicara ini —yakni, dari saya— karena jika Anda
mengikuti apa yang ia katakan maka habislah sudah.

Anda mesti sadar terhadap pentingnya otoritas dari
sang dokter, sang ilmuwan, dan memahami seluruh arti
penting dari otoritas ke dalam, apakah itu otoritas
dari orang lain, ataupun otoritas dari pengalaman Anda
sendiri, dari pengetahuan, dari kesimpulan-kesimpulan,
dari prasangka-prasangka Anda sendiri.
Pengalaman-pengalaman sendiri, pemahaman sendiri, juga
menjadi otoritas kita sendiri: “Saya mengerti, oleh
karenanya saya benar.” Semua itu merupakan
bentuk-bentuk otoritas yang untuk disadari. Bila
tidak, Anda tidak akan pernah bisa ‘menjadi cahaya
bagi diri Anda sendiri.’ Bilamana Anda adalah cahaya
bagi diri Anda sendiri Anda adalah cahaya bagi dunia,
karena dunia adalah Anda, dan Anda adalah dunia.
_______________
Dari: This Light in Oneself —True Meditation; hal. 111
- 112.

Tak ada kejernihan di hati yang tanpa kedamaian.
Dan tak ada kedamian di benak mereka yang selalu berpikir dalam pola untung-rugi
ataupun kalah-menang.
~anonymous 300406.

Ring'em or ping'em. Make PC-to-phone calls as low as 1¢/min with Yahoo! Messenger with Voice.

** Menyadari apa yang sesungguhnya sedang terjadi SAAT INI di dalam diri saya maupun di luar diri saya **

** Kami kembali tuk hidup dalam kekinian yang menakjubkan; tuk menanami taman hati kami benih-benih kebajikan; serta membuat fondasi pengertian dan cinta kasih yang kokoh **

** Kami mengikuti jalur perhatian penuh, latihan tuk melihat dan memahami secara mendalam agar mampu melihat hakikat segala sesuatu, sehingga terbebas dari belenggu kelahiran dan kematian **

** Kami belajar tuk: berbicara dengan penuh cinta kasih, menjadi penuh welas asih, menjadi perhatian terhadap pihak-pihak lain pagi ataupun sore hari,  membawa akar-akar suka cita ke banyak tempat, membantu sesama melepaskan kesedihan; dan tuk menanggapi dengan penuh rasa syukur kebajikan orang tua, para guru, serta sahabat-sahabat kami **

Religion and spirituality Spirituality

YAHOO! GROUPS LINKS

Kirim email ke