selamat sore Rahmat,

Jenis tumbuhan obat yang dapat digunakan untuk terapi pengobatan radang
kandung empedu diantaranya mempunyai efek sebagai antiradang
(anti-inflamasi), membantu meredakan rasa sakit (analgetik), menurunkan
panas (antipiretik), kolagogum (melancarkan pengeluaran empedu), dan
membantu menghancurkan batu kandung empedu karena pada sebagian besar
radang kandung empedu disebabkan oleh pecahan batu yang mengiritasi
dinding kandung empedu dan saluran empedu.

Berikut beberapa jenis tumbuhan obat yang dapat digunakan untuk terapi
pengobatan radang kandung empedu :

     1. SAMBILOTO (Andrographis paniculata Nees.)
        Efek : sebagai antiradang (anti-inflamasi), menghilangkan sakit
        (analgetik), menurunkan panas (antipiretik), menghilangkan
        bengkak, dan penawar racun.

     2. JOMBANG (Tarxacum mongolicum Hand-Mazz.)
        Efek : berkhasiat sebagai anbiotik, antiradang (anti-inflamasi),
        menghilangkan bengkak, dan menghilangkan panas dan racun.

     3. RUMPUT MUTIARA (Hedyotis corymbosa Lamk.)
        Efek : sebagai antiradang (anti-inflamasi), menghilangkan panas,
        diuretik, dan mengkatifkan sirkulasi darah.

     4. RAMBUT JAGUNG (Zea mays L.)
        Efek : melancarkan pengeluaran empedu, menetralisir hati,
        menghilangkan panas, dan sebagai diuretik (peluruh kemih).

     5. KEJIBELING (Strobilanthes crispus Bl.)
        Efek : menghancurkan dan melarutkan batu pada kandung empedu,
        kandung kemih dan ginjal, dan sebagai diuretik (peluruh kemih).

     6. MENGKUDU (Morinda citrifolia L.)
        Efek : sebagai antiradang (anti-inflamasi), diuretik (peluruh
        kemih).

     7. TEMU LAWAK (Curcuma xanthorrhiza Roxb.)
        Efek : sebagai antiradang (anti-inflamasi), kolagogum
        (melancarkan pengeluaran empedu), kholeretik, hepatoprotektor,
        dan lain-lain.

     8. KUNYIT (Curcuma longa L.)
        Efek : antiradang (anti-inflamasi), anti bakteri, melancarkan
        sirkulasi darah dan vital energi, memperlancar pengeluaran
        empedu (kolagogum), dan lain-lain.

Berikut ini beberapa contoh resep tumbuhan obat yang dapat digunakan
untuk membantu pengobatan radang kandung empedu :

Resep 1
30 gram sambiloto segar atau 15 gr yang kering + 100 gram rambut jagung
+ 30 gr temu lawak (diiris-iris) direbus dengan 800 cc air hingga
tersisa 400 cc, disaring, kemudian airnya disaring, tambahkan air
perasan jeruk lemon dan madu secukupnya, lalu diminum untuk 2 kali
sehari, setiap kali 200 cc.

Resep 2
30 gram jombang (pu gong ying) + 25 gram kunyit (diiris-iris) + 30 gr
meniran, direbus dengan 800 cc air hingga tersisa 400 cc, disaring,
airnya diminum 2 kali sehari, setiap kali 200 cc.

Resep 3
30 gram rumput mutiara atau rumput lidah ular + 2-3 buah mengkudu matang
(dipotong-potong) + 25 gram kejibeling, direbus dengan 800 cc air hingga
tersisa 400 cc, disaring, airnya diminum 2 kali sehari, setiap kali 200
cc.

Catatan :
      * pilih salah satu resep dan tetap konsultasi ke dokter.
      * Untuk perebusan, gunakan periuk tanah, panci enamel, atau panci
        pyrex.
      * Jombang (pu gong ying) dan rumput lidah ular (Bae hua she she
        cao) dapat dibeli di toko obat Tionghoa.

semoga bermanfaat yaa,,..

cheers,
irma