Email Kawan: Tentang IM2 Broadband Prabayar (HP dan Laptop)

Pak Cepy, jika anda punya HP dengan Fasilitas 3G (HSDPA), Hotspot/WIFI,
pastikan hanya dari HP anda bisa berinternet ria. Atau jika Laptop anda dengan
spesifikasi setara Pentium 3 asalkan mempunyai PCMCIA slot atau port USB dapat
menggunakan datacard atau USB modem 3G dan mengakses layanan ini.

Untuk Mac/Apple, minimal versi MacOSX adalah 10.3 dan untuk sementara ini hanya
dapat digunakan untuk USB modem Huawei dan Option GlobeTrotter

Saya menjual Starter Pack Akses internet cepat 3,5G (IM2 Broadband) prabayar
seharga Rp. 150.000 (Seratus Lima Puluh ribu Rupiah), dengan kuota 160 MB.
Setara dengan Rp.0,6/ KB. Jika kuota habis, dapat diisi ulang dengan voucher
Rp.50.000 (83MB) Rp.100.000 (166MB) dan Rp.150.000 (250MB)

Tersedia juga Paket Modem 3.5G HSDPA + Starter Pack seharga Rp.1.500.000 (Satu
juta Lima ratus Ribu Rupiah)

Pemesanan dan pembelian bisa langsung menghubungi saya. Atau mungkin kawannya
Pak Cepy yang ingin juga mengakses layanan Brodband, silahkan kontak:

Taufiq
081383189094

-----------------

Info Tambahan :

IM2 Internet Broadband adalah produk IM2 untuk melayani pelanggan dalam
mengakses Internet kecepatan tinggi, hingga 2.6Mbps, memanfaatkan jaringan 3G
Indosat. Dengan produk ini pelanggan, menggunakan userid dan password yang
dipunyainyai. Akses yang dapat dimanfaatkan adalah jaringan 3G Indosat. IM2
akan mengembangkan jaringan akses broadband baik melalui kerjasama dengan
operator lain maupun dengan membangun jaringan akses sendiri.

Beberapa kelebihan layanan IM2 Broadband Internet adalah:
a. Kecepatan tinggi untuk akses melalui jaringan 3G/HSDPA (High Speed Downlink
Packet Access).

b. Apabila jaringan 3G tidak tersedia atau tidak dapat mengakses jaringan 3G,
dapat roaming di jaringan GPRS di satu zone yang sama dengan zone yang sudah
terlayani jaringan 3G dengan tarif per KB sama dengan akses via jaringan 3G.

Userid/paswd yang sama dapat digunakan untuk login di metode akses yang lain
yang dimiliki oleh IM2 yakni dial-up, hotspot/wifi, Fren (CDMA),

c. Starone (CDMA), serta roaming wifi/3g di negara-negara yang didalamnya ada
operator partner IM2.

d. Metode charging akses via 3G menggunakan volume based dengan demikian
pelanggan dapat lebih nyaman mengakses halaman Internet maupun membaca/menulis
email tanpa diburu oleh waktu akses.

Perangkat teknis apa saja yg saya butuhkan untuk mengakses layanan broadband
3G? apa saja spek khusus untuk PC dan Notebook agar kompatibel dengan perangkat
akses broadband 3G?

Pada dasarnya tidak ada perangkat khusus. Notebook dengan spesifikasi setara
[...]

Berapa maksimum dan minimum speed yg saya dapat untuk akses broadband 3G ini?
Bagaimana kualitas Uplink dan DownLinknya?

Menggunakan teknologi HSDPA yang ada sekarang (diimplementasikan oleh Indosat)
maksimum kecepatan yang didapat adalah 2.6Mbps (secara teori bisa hingga 3.6
Mbps bahkan generasi selanjutnya dari 3.5G/HSDPA bisa hingga 14.4 Mbps).

Catatan: Ijin frekuensi yang ada sekarang mempunyai bandwidth 5 MHz. Minimum
speed yang diberikan adalah pada nilai 10 kbps untuk akses Internasional dan
100 kbps untuk akses IIX

Bagaimana jika sinyal 3G tidak saya dapat?? Apa koneksi langsung putus?

Tidak. Sistem akan langsung mengalihkan koneksi ke GPRS dan koneksi masih dapat
berlangsung walaupun dengan kecepatan yang lebih rendah dibanding koneksi 3G.

Error apa saja yg sering terjadi dalam koneksi ini?

Error yang sering terjadi:
a. Jaringan sibuk menyebabkan usaha untuk masuk ke dalam sistem seluler 3G
untuk koneksi Internet tidak bisa dilakukan. Analoginya adalah seperti pesan
“network busy” pada jaringan GSM ketika pengguna berusaha melakukan panggilan.

b. User-id yang menggantung. Maksudnya adalah user-id masih terekam di RADIUS
dalam keadaan login walaupun pelanggan sedang tidak login. Penyebabnya bisa
karena pelanggan melakukan diskoneksi tanpa menekan tombol disconnect (misalnya
karena komputer hang atau komputer kehilangan daya/listrik tiba-tiba) atau bisa
juga karena diskoneksi tidak berlangsung mulus (kesalahan sistem).

Kenapa User ID saya tidak bisa digunakan untuk koneksi?

Penyebabnya bisa bermacam-macam. Apabila semua setting koneksi sudah benar,
maka kemungkinan terakhir adalah adanya user-id menggantung.

Apakah datacard yg saya terima dari anda bergaransi? Bagaimana jika belum
setahun datacard saya rusak?

Ya. Silakan kembalikan ke IM2 dan akan diberikan gantinya.
(Syarat dan kondisi berlaku).

Apa user id dapat saya ganti sendiri? Atau harus konfirm ke IM2..?

User-id tidak dapat Anda ganti sendiri. Anda harus meminta form penggantian
user-id. Hal ini berlainan dengan password yang dapat Anda ganti sendiri dan
bahkan disarankan untuk diganti secara periodik untuk menghindari penyalahgunaan

Bagaimana jika saya lupa password Login? Apa bisa direset? Apa saja syaratnya?

Bisa. Silakan menghubungi customer service kami
Bagaimana jika saya mengalami gangguan? Siapa yg dapat saya hubungi? Apa
personil teknis Anda bisa datang ke tempat saya?

Anda dapat menghubungi Customer Service center kami di nomor 021-7854-6900.
Apabila semua usaha troubleshoot yang diberikan oleh CS kami masih belum
menyelesaikan permasalahan Anda, kami dengan senang hati akan membantu Anda di
tempat yang Anda tentukan.

Bagaimana cara saya mengetahui setting/pengaturan untuk koneksi 3G ini?

Di dalam setting guide yang kami berikan terdapat petunjuknya. Apabila Anda
masih menemui kesulitan, silakan menghubungi CS kami. Pada dasarnya setting
koneksi IM2 Broadband Internet via Indosat 3G adalah sbb:

a. Dial number  : *99#
b. Userid       : user-id Anda
c. Password     : Pasword Anda
d. APN (static) : indosatm2
e. Authentification: PAP

Saat ini kami sedang mengupayakan agar sistem kami memungkinkan penggunaan
modem dan USIMnya menggunakan Dial-Up Networking (DUN). Dengan menggunakan DUN,
hanya diperlukan pengaturan seperti pengaturan dial-up biasa yang hanya
memerlukan

a. Nomor dial   : *99#
b. Userid                : Userid Anda
c. Password     : Pasword Anda

Hal ini memungkinkan karena jaringan 3G sudah mengenali nomor (identitas) USIM
yang dipakai dan langsung meneruskan untuk koneksi Internet via APN indosatm2.

Apakah sudah tersedia driver modem untuk OS Linux?

Ya. Untuk Linux, Anda dapat melakukan langkah-langkah berikut:

a. Download kernel source 2.6.20 di
http://www.kernel.org/pub/linux/kernel/v2.6/testing/linux-2.6.20-rc5.tar.bz2
(Berhubung belum rilis, mohon diambil yang Release Candidate atau RC)

b. Lakukan konfigurasi dan compile kernel tersebut

c. Plug USB Modem Huawei. Akan muncul pesan di dmesg sebagai berikut:

Jan 15 13:15:43 kernel: usb 3-1: new full speed USB device using ohci_hcd and
address 5>
Jan 15 13:15:43 kernel: usb 3-1: configuration #1 chosen from 1 choice
Jan 15 13:15:43 kernel: option 3-1:1.0: GSM modem (1-port) converter detected>
Jan 15 13:15:43 kernel: usb 3-1: GSM modem (1-port) converter now attached to
ttyUSB1

d. Kemudian download-lah tool berikut ini untuk mempermudah proses selanjutnya:
http://www.kanoistika.sk/bobovsky/archiv/umts/huaweiAktBbo-i386.out . Apabila
telah terdownload lakukan chmod +x supaya bisa dijalankan. Kemudian jalankan
./huaweiAktBbo-i386.out.

Catatan: Tool ini berfungsi untuk mengaktifkan fungsi modem supaya bisa diakses
oleh wvdial atau aplikasi sejenisnya.

Dari sini, kita bisa gunakan wvdialconf untuk melakukan probing dan selanjutnya
bisa diteruskan sendiri seperti dialup biasa.

Hormat Saya,

Taufiq
081383189094

Kirim email ke