From: <[EMAIL PROTECTED]>
To: <[EMAIL PROTECTED]>
Sent: Thursday, July 19, 2001 9:29 PM
Subject: [jpl] Nilai Ekonomi Kawasan Lindung

> Dear Teman-teman JPL,
>
> Mungkin sebagian sudah membaca artikel tentang "Nilai Ekonomi Kawasan
Lindung" di Terranet yang ditulis oleh Bapak Jamal M. Gawi. Tulisan itu
sebenarnya dibuat
> berdasarkan penelitian dari seorang pakar ekonomi lingkungan bernama Dr.
Pieter Van Beukering dari Vrije Universiteit Amsterdam. Orangnya kebetulan
masih berada di
> Medan sekarang. Saya beberapa kali mendampingi beliau sebagai interpreter
di beberapa presentasi (mungkin sudah ada yang baca press release-nya di
Kompas). Ternyata,
> walaupun memang sangat sulit untuk menaksir nilai ekonomi dari suatu
Kawasan Lindung tetapi itu dapat dilakukan (tentu dengan beberapa catatan).
Paling tidak kita
> dapat coba menganalisis dari segi yang lebih "real" dan lebih mudah
dipahami oleh lebih banyak orang (stakeholders - red) dan hal ini juga dapat
menjadi masukan yang
> penting untuk kegiatan penyadaran karena biasanya orang lebih mudah
memahami "sejumlah rupiah" dibanding "ajakan untuk melestarikan lingkungan".
Walaupun orang masih
> belum begitu memahami cara penghitungannya tetapi nampaknya ini sudah
mulai memberikan dampak yang besar bagi beberapa stakeholders. Baru-baru
ini, Dr. Pieter
> presentasi di Kantor Gubernur Sumatera Utara di hadapan staf-staf Dinas,
LSM dan Bappedalda. Walaupun ada yang "sedikit kontra" tapi rata-rata mereka
antusias dan
> mudah-mudahan dalam waktu yang tidak terlalu lama akan diadakan pelatihan
ekonomi lingkungan (beserta studi kasus dari masing-masing tempat) untuk
para stakeholders
> tadi. Tapi itu masih dalam tahap rencana karena ternyata biayanya lumayan
gede. Bila ada teman-teman yang tertarik, dapat meng-e-mail saya. Salam
Lestari.