SANTA CLARA, KOMPAS.com - Tak hanya pendiri Apple, Steve Wozniak, yang
menggandrungi Nexus One. Bapak Linux, Linus Torvalds, pencipta
platform berbasis open source itu juga kepincut ponsel buatan Google
itu.

"Saya jatuh hati dan membeli Nexus One minggu lalu," kata Torvalds
dalam blognya yang ditulis Sabtu (6/2/2010) lalu. Namun, bukan
Torvalds kalau jatuh hati pada pandangan pertama. Ia mengatakan alasan
saat memesan lewat internet karena hanya tertarik layanan peta dan
navigasi karena sedang membutuhkan perangkat GPS untuk mobilnya.

Torvalds sebenarnya selama ini benci ponsel. Menurutnya, ponsel adalah
barang yang tidak banyak gunanya dan malah mengganggu. "Saya secara
umum membenci ponsel karena bikin ribet dan mengganggu saat bekerja,
membaca, atau melakukan segala sesuatu," kata Torvalds.

Ia mengaku telah mencoba ponsel android pertama, G1, langsung dari
Google saat diluncurkan pertama kali, namun tak membuatnya gandrung.
Bahkan, G1 kini hanya digunakan untuk bermain game Galaga dan
Solitaire. Itu pun sebagai pengisi waktu di pesawat saat melancong.

Tapi, di sisi lain, Torvalds tak menutupi bahwa ia suka konsep ponsel
dengan sistem operasi Linux. Ia juga mengoleksi ponsel-ponsel
berplatform Linux selama beberapa tahun terakhir, antara lain buatan
Motorola yang khusus dipasarkan di China. Tapi, lagi-lagi, perangkat
itu tak bisa memuaskannya.

"Tapi, saya harus mengakui bahwa Nexus One merupakan pemenangnya,"
ujar Torvalds. Dengan Nexus One, ia mengaku tak lagi merasa terbebani
ponsel saat membawanya. Bahkan, Torvalds merasa membutuhkannya untuk
terus berhubungan dengan orang lain.

"Saya kini memiliki gadget yang berguna dan tampilannya bagus. Bahkan,
bisa digunakan untuk menelepon juga sebagai bonusnya," tandas
Torvalds.

WAH

http://tekno.kompas.com/read/xml/2010/02/09/19570466/bapak.linux.kepincut.nexus.one

@agushamonangan