Pak Zul,

Ijinkan saya berkomentar, maaf bila terkesan menggurui, karena bukan maksud
saya.

Perjuangan emansipasi kaum homo (gay, lesbi) secara hukum sipil sudah dimulai
sejak 150 tahun yll oleh seorang ahli hukum, kalau tidak salah dari Kota
Hildesheim, Jerman, tapi semasa hidupnya ia tidak berhasil. Bahkan kuatnya
tekanan masyarakat, ada yang mengungsi ke Bali dan kemudian dikenal
sebagai guru lukis , awal lukisan aliran Bali.
Saya rasa di negara lain perjuangan mereka lebih enteng karena sistim
konstitusinya yang merupakan sejarah panjang menuju negara sekuler, pemisahan
antara agama dan negara.
Sejarah ketata negaraan kita berbeda, dan karenanya mungkin memerlukan 150
tahun lagi atau lebih lama atau lebih singkat, wallahualam.
Di negara kita perkawinan adalah perkawinan sipil dan sekaligus berhimpitan
dengan perkawinan agama.Kalau di negara lain, hanya perkawinan sipil saja,
sehingga membuka kemungkinan perkawinan homo (semula dengan perjanjian dibawah
tangan). Kalau mereka mau juga perkawinan agama dan diberkati gereja, hanya
beberapa gereja saja yang mau menyelenggarakan.

Artinya ini bukan perkara sederhana, solusi dari persoalan yang sudah ribuan
tahun , bukan tiba tiba harus terpecahkan, apalagi dengan provokasi dan
proaktif. Ini menyangkut persoalan yuridis, sosiologis dan filosofis (etika).
Contoh persolan yang berdekatan,  baru baru ini saya baca koran Tangsel Pos,
memberitakan seorang artis dengan bangga mengungkapkan berencana ingin punya
anak tanpa perkawinan. Berita ini menurut saya juga suatu provokasi, suatu
proaktif dari media, nilai yang dianutnya berbeda dengan masyarakat kebanyakan,
karena kesannya media  sependapat dengan artis tersebut karena dimuat beritanya
(proaktif mempromosikannya). Nilai saya berbeda  dengan koran tersebut, - walau
saya toleran- ia  tidak perlu memberitakan ruang prive tersebut, terkesan
kekurangan berita dan hasilnya dapat kontra produktif , pelanggan jadi tahu
misi yang dibawa media tersebut, karena medianya mempromosikan secara halus
(wacana paksaan psikologis) agar orang lain mengikuti tren tersebut, gadis
punya anak. Walau secara sosiologis ini suatu realitas. Namun menurut saya
perbuatan mempromosikan itu dapat dikategorikan  melanggar hukum, terutama
melanggar hak anak, karena seorang
 anak berhak dilahirkan dalam orang tua yang komplit (ayah dan ibu) atau masih
hidup artinya bila seorang ibu (single) ingin punya anak dan ia memesan sperma
profesor yang sudah meninggal, ini tidak bisa dipertanggung jawabkan secara
etika dan karenanya hukum juga tidak meligitimasi hal tersebut dan menegaskan
etika yang ada. Karena hukum atau konstitusi hendak melindungi institusi
keluarga, atau institusi perkawinan sebagai lembaga primer terpenting bagi
negara (aspek konservatif dari negara). Bermacam cara pemerintah agar pasangan
hidup bersama diluar nikah untuk segera memasuki  rumah tangga (kawin resmi),
misalnya dengan pajak bagi single tarifnya jauh lebih tinggi dari yang sudah
berkeluarga atau memberikan tunjangan anak.

Di Eropa yang sex bebas, pasangan yang hidup bersama tanpa surat nikah mereka
tidak mau punya anak, karena statusnya masih single, mereka baru punya anak
kalau sudah kawin secara sipil, kecuali yang kecelakaan atau kesepaktan.
Artinya kalau masih pacaran (belum ada kesepakatan punya anak) tidak boleh
curi curian , hamil diam diam, artinya melanggar kesepakatan, dapat dituntut
perbuatan melanggar hukum. Sebab ayah dibebankan beban biaya anak secara paksa
dari Kantor Perlindungan Anak, dapat berdalih, bahwa pasangannya melanggar
kesepakatan.

Dalam rangka nilai nilai konservatif ini pula bayi tabung di Eropa hanya
dimungkinkan dari orang yang masih hidup dan konsekwensinya si penyumbang bibit
(laki laki) harus turut bertanggung jawab terhadap biaya hidup anak, terlepas
ada atau tidak perkawinan. Artinya perkembangan di Eropa anak luar kawin tetap
menjadi tanggung jawab ayah yang membibitkannya dan berhak mewaris dari ayah
alamnya, walaupun ia bersaing dengan anak dalam perkawinan.  Di Eropa bayi
tabung dari orang yang masih ada /hidup masih dapat tantangan dari partai hijau
(alternatif), karena bagi partai ini hubungan/permainan cinta/sex tidak bisa
direduksi atau diganti dengan jarum suntik atau skala tabung, kerena tidak
memanusiakan manusia. Karena ada sistim sosial, bagi orang tua yang tidak mau
atau tidak bisa punya anak, dapat dipulihkan dari orang tua yang mau punya anak
lebih dari dua, sebagai tanggung jawab pada sistim solidaritas sosial. (Sistim
Asuransi Sosial sangat tergantung
 kepada rasio yang bekerja dan yang tidak bekerja, karenanya faktor jumlah anak
sangat menopang sistim ini).

Jadi pertanggung jawaban hukum seorang ayah di Eropa bukan lagi berdasarkan
perkawinan, tapi berdasarkan darah. Dengan demikian bagi club homo bukan bebas
mengadopsi anak, karena bisa saja ia punya anak alam dari perkawinannya yang
gagal atau hasil dari kumpul diluar nikah. Bagi pasangan hetero soal adopsi
tidak sederhana yang dibayangkan, harus ada pengamatan dari dinas sosial selama
waktu tertentu dan kestabilan hubungan. Janggal menurut saya bila seorang artis
single yang mampu secara materi, ingin punya anak luar kawin (beda perlakuan
bila terjadi karena kecelakaan), tanpa persetujuan pasangannya, karena tidak
fair kalau punya anak diam diam dari yang membibitkannya, bertentangan dengan
hak anak untuk mengetahui akan asal usulnya, siapa nama ayah biologisnya.

Menurut saya persoalannya tidak sesederhana, seperti yang diungkapkan pak Zul.
Tapi  solutif konsep "pachwork family", keluarga pesanan yang dijahit sesuai
ukuran/nilai yang dianut, saya no comment.

Solutif untuk suasana Indonesia bagi club homo (maaf saya gak gunakan istilah
kaum/golongan homo), yang pernah saya adviskan pada klien saya seperti yang
digambarkan oleh "pachwork family", hidup bersama laki laki atau perempuan
dewasa yang tidak terikat perkawinan dengan menanda tangani perjanjian
persekutuan perdata atau firma, atau mendirikan Perseroan Terbatas atau
Perkumpulan untuk dua orang dimuka notaris, sebagai pengukuhan trust dan care
mereka bersama, dibuat dokumen saling mewaris atau mewasiat satu sama lain
dimuka notaris, terhadap perawatan dan harta benda kepada siapa yang hidup
terlama.

Atau bila klien saya merasa kurang pas saya mengadviskan untuk forum shopping
di luar negeri yang sudah melegalkan, karena hubungan tersebut bersifat
exclusiv, seperti halnya banyak dilakukan solusi buat perkawinan campuran
(antar agama) yang juga masih exclusif, maka dilakukan perkawinan sipil di luar
negeri (misal Singapura, Malaysia, Timor Leste, Australia), kemudian dicatatkan
di KBRI setempat dan kemudian didaftarkan di Catatan Sipil setempat tempat
dimisilinya. Jadi menghindar dari perkawinan agama, yang kalau dilakukan
didalam negeri.

Menurut saya ini bukan pelanggaran hukum dan/atau ham. Kalau ditelisik satu
persatu banyak pelanggaran ham atau hukum yang didiamkan orang, sudah sejak
lama didiamkan sehingga menjadi kebiasaan. Misalnya perbuatan developer yang
mengisolir warga kampung, perbuatan mengajarkan agama lain kepada anak didik
pada institusi sekunder (sekolah) berbeda dari agama yang dianut oleh orang tua
mereka dan banyak lagi, yang bila kita list daftarnya akan panjang. Pada hal
aturannya sudah jelas.

Maaf agak panjang dan bila tidak berkenan,  terima kasih atas kesabaran
membacanya.

Salam
Rizal S. Gueci, Pembina Yayasan Uni-lengkong Pelangi Integralistik
Pro Lingkungan dan Perlindungan dan Kesejahteraan Anak