Biasalah menggunakan agama untuk tujuan ekonomi (duit) yang berganti iman bukan
karena kesadaran. Dengan menggumakan istilah kita di sini, mereka ini termasuk
Katolik atau Protestan KTP. Hal serupa terjadi di kalangan orang-orang yang
diayomi oleh Romo Mangun di Kali Code. Mudah2an mereka yang di Jerman ini tidak
dikutuk oleh orang-orang yang tadinya seiman dengan mereka sebagai yang terjadi
pada saudara-saudara kita yang dikutuk setelah mengikuti iman Romo.

Hal yang lebih parah terjadi di daerah kami, yang sebelum kedatangan kolonialis
Paderi nenek moyang kami masih animisme. Islam dikembangkan dengan cara-cara
yang dipaksakan (yang tidak disuruh oleh Allah). Sangkin senangnya kolonialis
ini "mengembangkan Islam,"  DNA sebagian warga di tempat tertentu tidak tidak
murni DNA suku Batak lagi. Mungkin, karena doa nenek moyang kami yang ditindas
itu didengar dan dikabulkan oleh-Nya, Dia selama beberapa tahun memperlihatkan
tontonan penindasan yang terjadi di Timur Tengah untuk dijadikan sebagai bahan
renungan buat saya dan umat Islam lainnya.

Salam,

Zul

--- In Forum-Pembaca-Kompas@yahoogroups.com, Wal Suparmo <wal.supa...@...>