Jumat,04 April 2008, sekitar pukul 11 malam lebih ketika saya baru saja
selesai melakukan *setting* sepeda untuk offroad  di
hambalang<http://diditho.net/2007/03/20/terlalu-semangat-hambalangpun-jadi/>keesokan
paginya tiba-tiba terdengar nada sms.

Nomor sms yang tidak saya kenal ini berinisial "Roy" pada bagian akhir
pesan.

Roy Suryo <http://id.wikipedia.org/wiki/Roy_Suryo> ? hemmm....

Berdasar arsip milis Jurnalisme
<http://groups.yahoo.com/group/jurnalism>(31 Maret 2008 ;09:36 pm ;
Message #28859) yang saya ikuti, sepertinya benar
ini nomer miliknya.  CMIIIW.

>From    :+628112828xx
To        :*me*
Date    :04/04/2008
Time    :23:33:23

*Mas Diditho yg -meski saya belum kenal- tapi saya tetap berusaha hormati,
karena saya anggap mas belum mengerti dan hanya menerima informasi
sepihak.Sebaiknya mas cermat dan hati2 dalam menulis (meski itu di milis
internal kantor) karena tulisan2 mas sudah saya saved dan -sesuai UU-ITE-
ada konsekuensi hukumnya.
Kalau saya Asbun, tentu tidak akan dipercaya sampai sejauh ini selaku Dewan
Pakar UU-ITE, Pusident Mabes Polri, BNN, bahkan Arsip Nasional.
(Roy). *

>From    :*me*
To        :+628112828xx
Date    :04/04/2008
Time    :23:53:26

*mas roy, sms anda juga sudah saya simpan. Bila statement anda benar, nggak
terbayang, betapa anda sudah melanggar privasi saya dan kantor tempat saya
bekerja, dengan menguping milis internal kantor yang tertutup. Anda sama
saja dengan cracker.*

>From    :+628112828xx
To        :*me*
Date    :04/04/2008
Time    :23:54:55

*Meski itu hak pribadi Sdr. Didit ([EMAIL PROTECTED]), tetapi
tindakannya menebar issue yg tidak benar di Kompas, adalah bukan sifat
seorang Jurnalis yg baik.*

>From    :+628112828xx
To        :*me*
Date    :05/04/2008
Time    :00:01:12

*Terimakasih.
SMS saudara juga sudah saya saved, sangat naif sekali bila menganggap di
milis bisa seenaknya menebar fitnah dan issue tanpa crosscheck ... :-).*

>From    :*me*
To        :+628112828xx
Date    :05/04/2008
Time    :00:01:28

*Saya bukan jurnalis! ..jelas anda asbun! Sudah malam saya mau tidur.*

>From    :+628112828xx
To        :*me*
Date    :05/04/2008
Time    :00:23:23

*Ya, karena anda di bagian Bisnis dan  berkantor di Gajah Mada, tidak sempat
mengikuti Pelatihan Etika Jurnalistik seperti rekan2 di Palmerah.
Selamat tidur :-)*

>From    :*me*
To        :+628112828xx
Date    :05/04/2008
Time    :00:28:18
*anda asbun 2x..., saya berkantor di palmerah!  Dan memang saya tidak
mendapat pelatihan etika jurnalistik karena saya bukan wartawan. saya jadi
terbangun gara2 sms nggak penting ini...*

>From    :+628112828xx
To        :*me*
Date    :05/04/2008
Time    :00:53:05

*Gotcha ...!
Ha-3x, memang mungkin SMS ini tidak penting bagi saudara pribadi, tetapi
cukup penting untuk Kompas perlu mengetahui ulah salah seorang Karyawannya.*

>From    :*me*
To        :+628112828xx
Date    :05/04/2008
Time    :00:28:18
*Jelas ulah saya diketahui wong saya menulis di milis internal!  plus,besok
semua percakapan ini akan saya posting di milis internal kompas dan blog
saya.  anda benar2 mengganggu waktu tidur saya dan ISTRI saya yg sedang
MENGANDUNG!.  nomer ini tetap aktif untuk hal emergency saja.*

Tidak tega karena istri terus terbangun, Akhirnya telepon selular saya set
ke *offline*. walapun tidak bisa menerima panggilan tapi masih bisa memiliki
fungsi alarm untuk membangunkan saya jam 4:30 utuk memulai aktifitas
bersepeda.

Sekitar pukul 6 pagi lebih, sebelum melumat tanjakan pertama di hambalang
bersama dodi dan fami, telepon selular saya set ke *online* lagi. dan
berikut pesan pertama yang masuk...

>From    :+628112828xx
To        :*me*
Date    :05/04/2008
Time    :06:15:05

*Silahkan ... :-)
Semoga posting saudara besok ada tanggapan, tidak seperti sebelumnya kemarin
yg 'dicuekin' saja.
Semoga juga Putra saudara jadi Anak Sholeh ...*

Dugaan saya, mas Roy ini telah membaca *posting* saya di milis internal
KOMPAS yang hanya ditujukan untuk kalangan terbatas saja. Milis Internal
ini  menggunakan layanan dari Yahoo dan diperuntukkan bagi seluruh karyawan
KOMPAS untuk berkomunikasi. Selain informasi biasa, milis tersebut juga
biasa digunakan sebagai salah satu kanal untuk melontarkan berbagai macam
kritik.

Isi posting sebagai berikut:

*A*da *A*pa *D*engan *R*oy *S*uryo (AADRS)..??
narasumber asbun gini kok sering dikutip sih..?
blogger dan hacker .. jauh banget bedanya.
masa sih nggak ada yang lebih kompeten jadi nara sumber?
onno w purbo maybe..???
http://www.kompas.com/read.php?cnt=.xml.2008.03.25.16513265&channel=1&mn=1&idx=1
segi positifnya sih.. hit ke kcm jadi tinggi... soalnya thread diatas jadi
banyolah di milis-milis teknologi..
--
br,
didit

Saya tidak yakin bila mas Roy pribadi mampu membobol pengamanan layanan
milis Yahoo. Kalaupun iya, bukankah mas Roy telah masuk ke "rumah" orang
lain tanpa permisi ?

Saya menduga mas Roy mendapatkan email "*forward*" dari salah satu anggota
milis. Diketahuinya nomer hp, divisi, lokasi saya bekerja, dan anggapan
posting saya tidak ditanggapi di milis internal, semakin menguatkan dugaan
saya bila info yang didapat berasal dari person internal.

Menyimpang sedikit....Kejadian ini juga memberi gambaran bahwa bocornya
informasi korporasi bukan hanya melalui metode cracking tapi juga oleh *socio
engineering*. dalam hal ini melalui person karyawan.

*Socio-engineering is a new research field exploring the relation and
interaction between technologies and human life.*

kembali ke sms mas roy...

IMO, pesan singkat dari mas roy (pesan pertama) sangat intimidatif tapi
ngawur. Opini yang terbentuk mengenai kemampuan mas Roy sebagai pakar (bukan
personal) berasal dari statement anda sendiri di media massa
(KCM<http://www.kompas.com/read.php?cnt=.xml.2008.03.25.16513265&channel=1&mn=1&idx=1>),
bukan dari informasi sepihak seperti yang anda tuduhkan.

Kritik akan berita merupaan hal yang biasa di milis internal KOMPAS. Isi
berita, pemilihan kata, pemilihan narasumber ataupun salah ketik merupakan
salah satu dudut saja. *Fyi*, tidak ada kewajian membalas kritikan tersebut,
dan bisa jadi hanya jadi posting lewat saja.

Herannya, yang rajin membalas (pribadi pula, saya merasa tersanjung...)
ternyata person yang hanya menguping dan tidak punya hak akses.

Br,

didit

http://diditho.net/2008/04/07/ketika-mas-roy-menguping/

Note: sesuai janji saya , posting ini akan saya kirim ke milis internal dan
blog pribadi. Plus, akan saya kirimkan juga ke milis Teknologia,Jurnalisme
dan Mediacare.

--
br,
{get diditho set http://diditho.net }