Memang waktu adalah tolok ukur antara evolusi dan revolusi, katakalah evolusi
perubahan lambat dan revolusi perubahan cepat, walaupun waktu sendiri itu relatif, dan
istilah revolusi pun dipakai untuk edar Bumi mengelilingi Matahari. Kelihatannya
perubahan mikroba itu memang di realm bio-engineering lalu dipakai oleh pendukung
fanatik evolusi untuk menjadikannya sebagai fakta evolusi (padahal tanpa itu pun
evolusi punya bukti...).
Pemikiran anthropomorphis selalu terkait di dalam evolusi karena justru dari situlah
perdebatan soal evolusi, pro dan kontra, berasal.
Dengan kemajuan ilmu dan teknologi, mau tak mau skala makro ke mikro terjadi,
penelitian lebih ke alam renik. Misalnya di dunia hominid, dulu para paleontologist
bekerja dan puas dengan fosil-fosil dan rekontruksi, sekarang mereka bekerja sama
dengan bio-engineer mengekstraksi fosil-fosil itu dan mengeluarkan genotip, DNA,
genome-nya. Dengan cara ini kekerabatan di antara spesies hominid bisa dikaji lewat
micro-molecule, maka berkembanglah micro-evolution, memang benar. Fosil manusia Jawa
pun pernah diekstraksi genome-nya dan mengkonfirmasi kekerabatannya. Hanya di sini
tidak timbul problem sebab bahan dasar yang diekstraksi adalah fosil juga, bukan
mikroba di laboratorium, tetap berasal dari umur yang sama.
Soal Cambrian explosion, benar memang faktor preservation sangat berperan di situ.
Tetapi, dari pre-Cambrian ke Cambrian pun terjadi evolusi (atau revolusi ?) samudra
dan atmosfer; oksigen menjadi sangat berlimpah sehingga mendukung populasi spesies
invertebrata dalam jumlah banyak; lalu mereka pun kebetulan punya rangka chitin dan
kapur yang keras, jauh lebih keras dibanding spesies lunak di pre-Camrian, tentu ini
sangat mendukung preservation. Jadi, kenapa terjadi Ledakan spesies di Kambrium ?
Preservasi ya, tetapi lingkungan fisik saat itu pun ya.
Saya pernah baca beberapa buku Stephen Gould, bukan yang sangat tebal (1500-an
halaman) tentang Struktur Evolusi, tetapi beberapa buku populer lainnya (yang berminat
bisa lihat-lihat di perpustakaan British Council Widjojo Center Sudirman). Faktor
preservation telah masuk ke dalam hitungannya untuk punctutated equilibrium, juga
geologic catasthrophism.
Benar, dalam 150 tahun, teori evolusi yang sekarang sudah bukan teori evolusi seperti
di dua buku Darwin (Origin of Species, Descent of Man). Jadi sebenarnya, kalau mau
memasalahkan teori ini bagusnya melihat dulu buku-buku terbaru soal evolusi;
jangan-jangan yang kita masalahkan sebenarnya bukan masalah lagi di teori evolusi,
bisa aja kan ? Di plate tectonics pun begitu, juga di macro theorynya, saya rasanya
sedang melihat perkembangan semacam sintesis antara teori-teori tektonik sejak
geosinklin sampai ke superplume; apakah kita sedang di the end of the theories ??
Salam,
Awang H. Satyana
Badan Pelaksana Usaha Hulu Migas
 Rovicky Dwi Putrohari wrote:Mungkin yang berbeda sekedar definisi dari "Evolusi" ini
sendiri ... Selain
perbedaan antara Paleontologist (mungkin juga geologist) ... dan
Paleobiologist dan mungkin Biologist atau malah juga ditambah 'engineering
biologist' ... (sorri aku mungkin salah memberikan neo dan tradisional).
Banyak juga pertanyaan lain .... Apakah jangka waktu (lamanya) dan
kecepatannya yang membedakan evolusi dan revolusi baik dalam konteksnya
paleontology maupun biology.. ??

Saya sendiri sering melihat pemikiran anthropomorphis (walopun kadang d
secara scientifik sering menjerumuskan) ... yaitu mencari padanannya dalam
dimensi diri manusia .... mencari kemiripan dengan diri manusia ....

Selain itu ada juga istilah makroevolusi dan microevolusi .... yang ini
lebih mengembangkan lagi (atau mungkin hanya "ekstrapolasi") dari pikiran
evolusi.

Mengenai explosion di cambrian, apakah mungkin akibat adanya faktor
"preservation" dari fosil-fosil keras (trilobite) yang menyebabkan
"seolah-olah" ada explosion saat itu? Kalau dalam statistik seolah ada
"spurious correlation" ... atau sekedar karena datanya saja yang 'relatif'
mudah ditemukan sehingga seolah ada explosion ?
Saya belum pernah baca bukunya Gould, apakah mendiang Gould ini juga
menghitung faktor preservationnya ketika berbicara "punctuated equilibrium"
?. Jadi ada faktor peristiwa geologi .

Memang teori evolusi ini sejak 150 tahun terakhir ini berkembang seperti
halnya plate tectonic. Istilah baru serta penggunaan istilah
banyak bermunculan.

salam