Ferdi,

Cerita lengkap tentang hidrokarbon anorganik ini dan coba2 penerapannya di Indonesia
saya tulis di Majalah Geologi Indonesia terbaru (vol 18, no. 1, April 2003, hal.10-22)
berjudul "Fischer-Tropsch Petroleum Formation in Collision Zones of Eastern Indonesia
: Possible Abiogenic Genesis of Petroleum". Silakan dibaca kalau sudah dapat kiriman
majalah dari IAGI. Tentang hidrokarbon anorganik Fischer-Tropsch sendiri pernah kita
diskusikan panjang lebar di IAGI net sekitar tahun 2001. Barangkali masih ada yang
ingat ? Awal Juni 2003, AAPG mengadakan simposium 3 hari khusus tentang HC Anorganik
di Inggris. Saya pikir AAPG telah memandang serius secara positif keberadaan HC jenis
ini. Salah satu agenda simposium adalah : bagaimana mengukur cadangan HC anorganik,
dan bagaimana menerapkan strategi eksplorasi pencariannya. Sebab petroleum system-nya
akan lain dengan yang kita pakai selama ini.

Di Indonesia, saya mencurigai beberapa lapangan raksasa hidrokarbonnya (terutama gas)
sebagian besar dikontribusi HC anorganik. Saya masih mempelajari gas geochemistry-nya.
Masih terlalu dini kalau disebutkan lapangan2 apa saja itu.

Salam,
Awang H. Satyana
Eksplorasi BP Migas

KARTIKO-SAMODRO Ferdinandus <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
Pak Awang..

dulu waktu saya kuliah diceritakan tentang teori hydrocarbon dari
anorganic...tapi karena dulu kurang detail dibahas karena teorinya juga
masih ngambang , saya jadi tertarik membaca tulisan Pak Awang ini....

sebenarnya bagaimana logika terbentuknya hydrocarbon anorganik ini , lalu
apakah ada contoh field yang sudah diproduksi...?

Awang Satyana
28/08/2003 01:42 PM
Please respond to iagi-net