Sebenernya sejauh mana sih Sandi Stratigrafi ini "mengikat" dalam penamaan
stratigrafi ?
Saya terus terang konsen dengan penamaan yang terkesan semrawut ini (sorri
:), Namun engga tahu bagaimana bentuk ikatan aturan ini dalam
pemakaiannya. Apakah wajib digunakan oleh Geologist di Indonesia ? Atau
sekedar himbauan, atau ... ?

Mungkin saja sih ada "sedikit tekanan" dalam penggunaaannya,
misalnya,  dalam membuat paper ilmiah atau tulisan yang akan diterbitkan
oleh IAGI, semua nama stratigrafi harus mengikuti aturan SSI. Dan aturan
penulisan paper ilmiah ini bisa saja  DITULIS dalam edaran ketika akan
membuat konvensi (Pertemuan Ilmiah) tahunan IAGI atau juga di Majalah
IAGI.
Kalau untuk yang tak resmi (di Kantor) bisa saja namanya sendiri-sendiri
tetapi mungkin setap paper yang akan diterbitkan menyangkut perusahaan tsb
yang juga diterbitkan IAGI musti memuat "kesebandingan"dengan yang sudah
ada di Lexicon, bisa saja kesebandingan secara litho stratigrafinya,
chrono, maupun sekuen .... Cara itu mungkin dapat menjadi salah satu
"sedikit tekanan"... supaya Lexicon serta SSI lebih berarti.. (bukan
"pemaksaan" ... nanti dianggep ndak deokratis :)

Tentunya tantangannya ngga mudah bagi IAGI utk membuat Lexicon yg baru yg
selalu di-update.

Jadi,
Gimana sih aturan SSI ini "mengikat" ..?

RDP

"Iman Argakoesoemah" <[EMAIL PROTECTED]>

        Re: [iagi-net-l] Workshop Stratigraphy of Jawa - 1

Justru hal-hal seperti ini yang menyangkut pengembangan SSI and Lexicon
geologi kita harus disebarluaskan seluas-luasnya bahkan sebaiknya sampai
sekala internasional juga. Kenapa ? Karena banyak peneliti-peneliti asing
yang punya banyak data dan juga interpretasinya bisa dijadikan bahan
diskusi kita juga. Di lain pihak mereka pun sebaiknya ikut dengan aturan
yang berlaku di sini seperti halnya kita harus mengikuti aturan mereka di
negaranya bila kita melakukan studi geologi.

Jadi sebaiknya kita selalu terbuka, bila perlu undang
universitas-universitas di luar negeri juga yang punya banyak data riset
tentang geologi Indonesia.

Sekedar komentar ? Mudah-mudahan ada manfaatnya.

Thanks. Iman