Ikutan Nimbrung,
Di daerah Selat Malaka (masih bagian dari CSB) ada beberapa sumur yang
kebetulan menembus Pematang Brown Shale (PBS) yang di yakini sebagai source
rock, malahan beberapa sumur ada yang diambil core datanya (tapi sayang,
core data yang diambil pada sub basin yang kurang mature atau bisa dikatakan
belum mature).  Saya rasa publikasinya ada di prosiding IPA ke 19 (waktu itu
masih jamannya Hudbay).  Interpretasi core dan fosil menunjukan adanya tiga
variasi di daerah PBS yaitu: deep lake, shallow lake dan margin lake yang
dipengaruhi oleh fluvial setting.  Setting yang terakhir ini yang
menyebabkan hadirnya beberapa sand di PBS yang diinterpretasikan
berassosiasi dengan meandering sand.  Secara keseluruhan formasi PBS di
daerah Selat Malaka diinterpretasikan sebagai fluvio-lacustrine environment.

Di basin yang lain (yang sudah mature, malahan cenderung overmature), ada
sumur yang menembus PBS dan sandstone yang ada di Formasi tersebut (PBS)
terisi oleh hydrocarbon (gas dan minyak, tapi cenderung lebih banyak
gasnya). Memang diatas formasi PBS masih ada Formasi Pematang lainnya yang
litologinya (diyakini) didominasi oleh endapan fluvial (Braided Fluvial).
Saya tidak tahu pasti apakah di tempat Caltex ada sumur yang menembus PBS
dan apakah setting environmentnya masih sama dengan daerah Selat Malaka.

-praw-