From: [EMAIL PROTECTED]
[mailto:[EMAIL PROTECTED]
Sent: Friday, October 07, 2005 4:34 PM
To: iagi-net@iagi.or.id
Subject: Re: [iagi-net-l] kok susah banget nyari geoscientist???

Soal fresh graduate,

Kita sekarang hanya bicara mengenai Migas mungkin karena kita kebanyakan
orang Migas.  Kalau menilik kata2nya Pak Zaim, mungkin minat2 mahasiswa
sekarang bisa juga dialihkan ke batubara, emas, dll.  Saya sih ingat waktu
saya masuk geologi, oil companies lagi susah terima orang jadi banyak
senior2 yang saat itu lulus (tahun 1997-1998-an gitulah) kerja untuk
perusahaan emas.  Atau seperti angkatan saya (1996, eh kurangi sepuluh
dink...ehe...he...), yang di oil company hanya satu-dua orang, sementara
yang lainnya masuk vulkanologi, PPGL, PU, dan lain-lain, dan mereka cukup
sukses tuh, disekolahi ke Perancis, Jepang dan lain2.  Artinya karir bukan
di oil company saja kan, teman2 segar-lulus?  Atau mungkin dosen2 anda
sendiri kurang pandai membuat kuliah jadi menarik?  Jadi dosen seperti Pak
Zaim juga oke tuh kan, bisa jadi ketua jurusan, nah itu butuh fresh
graduate, malah karir jadi dosen ngga terima mature graduate  :-)

Soal 'yang ngga gitu fresh2 amat'-graduate,

Itu ya typical semua perusahaan, maunya yang sudah matang (kecuali jadi
dosen ITB, harus fresh graduate, ngga terima orang2 yang udah
pengalaman...hehehe, apa sudah berubah ya?).  Tapi memang di sini terasa
sekali, siapa sih yang tidak mau ke Petronas atau Murphy, dengan penawaran
yang menggiurkan itu (yang pasti kalo suaminya pegawai negri dan sudah
tinggi pula kedudukannya...).  Sekolah anak dijamin, belajar bahasa Inggris
(biarpun Malaysian English yang bikin bingung itu), gaji bersih, aman-aman
aja, sedangkan di sini udara kotor, macet, gaji rupiah pula.  Dan
overheadnya kan beda banget, kerja 2 tahun di M'sia, kita bisa nabung
berapa banyak tuh.  Sudah pastilah KPS2 kalah.  Ya emang sih, baliknya ya
ke $$$ juga.  Saya aja kepengen. (Cateeeeet!!!)

Nah, Mas Rovicky sendiri, setelah melanglang buana di luar, apa masih mau
kerja jadi pegawai permanen dengan gaji lebih kecil di Jakarta?  Kalau mau,
masukin aja CVnya ke kumpeni2, tapi jangan harap bisa dibayar $7000 ye...

Parvita H. Siregar
Geologist-ENI Indonesia
Atrium Mulia 3A floor
Jl. H.R. Rasuna Said Kav. B10-11
Jakarta 12910 Indonesia
Tel: (62-21) 3000-3200, 5296-2200
Fax: (62-21) 3000-3230
mailto:[EMAIL PROTECTED]

                    "Batara Sakti

                    Simanjuntak"         To:     iagi-net@iagi.or.id,
"Sanggam Hutabarat"
                    <[EMAIL PROTECTED]
<[EMAIL PROTECTED]>
                    r.id>                cc:

                                         Subject:     Re: [iagi-net-l] kok
susah banget nyari geoscientist???
                    10/07/2005

                    02:19 PM

                    Please respond

                    to iagi-net

Ups...dua baris kalimat yang dalem urusannya. Obrolan berikut terutama
diseputar dunia industri migas. Mungkin kita sama-sama heran, puluhan tahun

kps beroperasi di RI, tapi kita para ahli kebumian sering sekali tidak
sampai mempunyai keahlian yang spesifik da mumpuni ketika dekat-dekat
pensiun. Umumnya kita mengikuti saja alur pekerjaan diperusahaan tempat
kita
bekerja selama belasan tahun, dan menjadi generalist, kalau tidak menjadi
operation geologist yg mengurus soal logging, kontrak dgn service co.,
perijinan ke BP. Migas, ditambah beberapa pekerjaan teknikal lain. Umumnya,

alur industri tidak berkepentingan betul untuk membentuk karyawannya
menguasai spesialisasi tertentu, yang pokok adalah project (drilling
misalnya) dapat berjalan sesuai tenggat waktu.

Bagaimana agar ahli kebumian memperoleh spesialisasi tertentu, harus dia
sendiri yang sengaja mengarahkan dirinya kesalah satu ufuk kekhususan yang
ada / dikenal. Bagaimana organsasi semcam IAGI dapat menolong ?. Step satu
mungkin mempersiapkan kandidat matriks kompetensi untuk masing-masing
spesialisasi tahap demi tahap. Soal ini pernah diutarakan rekan Bowo dari
COPI. Kalau saja IAGI bisa mendorong terciptanya standarisasi matriks
demikian, maka secara perlahan kita membangun standard bersama.

bat