Pak Ahmad Taufik
Bisakah dikirimkan gambarnya lewat japri saja
ke [EMAIL PROTECTED]
Mudah2an bisa saya upload dimuat di hotmudflow.wordpress.com

Salam
rdp

On 5/15/07, ahmad taufiq <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
Kapada bapak Ketua IAGI
Kepada wakil IAGI di BPLS

bapak2 yth...

mengenai ide "dauble cover dam" kami JUGA telah membuat untuk ide
penyelesaian dengan cara MIRIP tersebut juga, dengan kontruksi earth dam,
karena lebih bisa mengatasi rembesan karena perbedaan exit gradient akibat
tinggi nya head pada 'lorong penyeimbang tinggi semburan' tersebut

ide ini telah kami kirim ke berbagai media tapi tertolak
dan ide ini juga hampir 4 bulan yl (tgl dan artikel di atachement)

melalui milist ini semoga suara orang indoensia asli bisa lebih didengar
ketimabng orang jepang (setuju koreksi tentang mental bangsa)

smoga ini tidak mubadzir unutk diskusi di IAGI tercinta
apa perlu 'gerakan" nih karena orang inobesia juga banyak yang "CUKUP
CERDAS" ato ngak kalah lah...

WACANA MENJINAKKAN SEMBURAN LUMPUR LAPINDO
(TANPA MERUSAK SUNGAI, LAUT DAN ALAM)

Lagi-lagi lumpur lapindo; fenomena alam tersebut sulit dilawan,
 namun dengan konsep 'gunung buatan' dari tanggul tanah setinggi 20 -25 m
yang mengurung (mengelilingi) pusat semburan sampai tercapai keseimbangan
baru.
Lahan yang dikorbankan menjadi lebih sempit dan tidak mencemari S. Porong
dan laut.

Memperhatikan berita media dan elektronik mengenai lumpur Lapindo yang dari
hari ke hari  terus meningkat dari 50.000 m3/hari menjadi 126.000 m3/hari
(Kompas, 28 September 2006), tampaknya sangat sulit melawan gejala alam
tersebut. Namun sebenarnya  masih ada upaya untuk menjinakkanya. Dari
data-data dan berita-berita  yang penulis cermati, bahwa semburan tersebut
sebagai fenomena alam yang disebut 'mud volcano'. Berdasarkan gejala alam
tersebut, penulis berhipotesa bahwa tekanan dari semburan yang keluar
tersebut harus tetap diberi jalan (seperti halnya kawah pada gunung berapi)
dengan membuat 'gunung' dari tanggul tanah yang mengurung (mengelilingi)
semburan tersebut (Gambar 1). Tinggi 'gunung' tersebut harus lebih tinggi
sedikit dari tekanan lumpur pada permukaan tanah.

Gambar 1. Usulan tanggul yang mengelilingi (mengurung) pusat semburan
1) tanggul yang ada saat ini dipertinggi, 2) tanggul baru diatas lumpur
dengan teknik displacing

Teori dan hipotesa
Secara teoritis, besar tekanan semburan lumpur dapat diimbangi dengan berat
lumpur itu sendiri, sampai terjadi keseimbangan baru. Kunci keberhasilannya
adalah berapa tekanan lumpur yang keluar dari permukaan tanah (?).  Dengan
mengetahui tekanan tersebut, tinggi tanggul dapat didesain dengan teliti.
Namun, bila memperhatikan tinggi semburan yang mencapai sekitar 15 m,
penulis berkeyakinan dengan membuat tanggul sekitar 20-25 m yang mengilingi
pusat semburan (primer). Diharapkan terjadi keseimbangan baru sehingga
lumpur tidak luber (overtopping) melalui puncak tanggul (Gambar 2).

Gambar 2. Model keseimbangan untuk menghentikan tekanan semburan lumpur

Teknik Pembuatan Tanggul
Bagaimana cara membuat tanggul setinggi 20 m diatas tanah lunak? Dengan
teknologi yang ada saat ini hal tersebut bukan merupakan masalah yang sulit
dan masih memungkinkan. Metoda tersebut dikenal sebagai teknik pendesakan
(displacing). Cara pendesakan ini adalah merupakan metode perbaikan tanah
dalam teknik sipil untuk memperbaiki sifat teknik tanah lunak. Tanah Lumpur
tersebut yang diperkirakan mempunyai perlawanan konus sondir sekitar 0 – 1
kg/cm2, berarti cara pendesakan tersebut dapat dilakukan. Berat jenis
material pendesak/timbunan harus lebih besar dari berat jenis lumpur. Pada
awalnya, sebagai pondasi, material batu/pasir di dalam karung dapat
digunakan sebagai material pendesak (Gambar 3,4). Setelah mencapai elevasi
tertentu, dilakukan penimbunan diatasnya dengan material timbunan tanah
seperti yang telah dilakukan (Gambar 5)

Gambar 3. Proses pemasukan karung batu/pasir untuk mendesak tanah lunak

Gambar 4. Proses pendesakan sedang berlangsung

Gambar 5. Pendesakan selesai, kemudian penimbunan tanggul baru

Penutup
Bila upaya ini berhasil, maka luas lahan yang 'dikorbankan' jauh lebih
sedikit/sempit, tanpa perlu pembuangan ke sungai/laut; namun perlu
dipikirkan desain tanggul dengan bangunan pelengkapnya untuk mengeluarkan
air dan lumpur pada kondisi tertentu.

Dengan membuat "gunung Lumpur" dengan pusat semburan sebagai "kawahnya",
maka tidak menutup kemungkinan daerah ini nantinya dapat berkembang sebagai
tempat wisata.

Tulisan ini baru merupakan wacana alternatif untuk menanggulangi semburan
lumpur lapindo yang saat ini masih 'kontroversial'. Metode ini masih perlu
mempertimbangkan aspek geologi setempat dan faktor lainnya.

Bandung, 12 Oktober 2006
D. M. Hardjo & A. Taufiq
Peneliti, Pusat Litbang SDA, Departemen PU
Jl. H. Juanda No. 193, Bandung 40132
Telp/fax. 022 2516374
Hp. 0852 201 845 83 (A. Taufiq)

AHMAD
PUSAIR-PU

Supardan <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

Lha iya cak...., ide double cover dam itu kan mirip ide arek Suroboyo
alumnus ITS (pak Jaya) yang dulu pernah presentasi di depan Lapindo, IAGI
dan beberapa ahli mud vulcano Azerbaijan di Shangrilla - Surabaya (2006).
Hanya waktu itu temen2 geologi menyanggahnya, karena kondisi geologi
setempat (banyak retakan) memungkinkan ditutup di sini - nyembur di sana
dst, dst. Bahkan beberapa waktu yang lalu pak Jaya telah menguji-coba idenya
tersebut pada semburan kecil di rumah penduduk (masih dalam areal dampak
LUSI). Dengan menerapkan rumus Bernoulli, dia mengklaim bahwa uji-cobanya
tersebut berhasil.

Ataukah memang kita ini sulit untuk merubah mental kita dari mental bangsa
terjajah?

Wallahualam.

Wass.
Pardan - Jatim.

> [...]
> tahu: teknologi yang sedang dan akan diciptakan anak bangsa Indonesia
> sendiri mampu untuk menanggulangi-nya. Siapa tahu? Lumpur Sidoardjo akan
> menjadi wahana laboratorium besar dimana konsep-konsep teknologi,
> rekayasa, dan geologi akan mendapatkan tempat implementasi, tentunya
> dengan syarat: jiwa, penghidupan, dan hal-hal dasar lainnya sudah bisa
> diselesaikan. Siapa tahu? Wallahualam
>

> ADB/070512

> Hot News!!!
> CALL FOR PAPERS: send your abstract by 30 March 2007 to
[EMAIL PROTECTED]
> Joint Convention Bali 2007 - The 32nd HAGI, the 36th IAGI, and the
> 29th IATMI Annual Convention and Exhibition,
> Bali Convention Center, 13-16 November 2007

iagi-net-subscribe[at]iagi.or.id
> IAGI-net Archive 1:
http://www.mail-archive.com/iagi-net%40iagi.or.id/

The fish are biting.
 Get more visitors on your site using Yahoo! Search Marketing.

--
http://rovicky.wordpress.com/