Pak Awang diskusinya makin menarik saja, walaupun sudah tengah malam nih :)

Saya melihat ada juga istilah "Joint Study" yang dikelola atau diatur
oleh Dirjen MIGAS. Dalam operasition-nya, perusahaan migas
(kontraktor) melakukan studi pada daerah yang masih terbuka (open
area) selama setahun (cmiiw) juga boleh melakukan shooting seismic
tetapi bukan pengeboran. Ketika joint studi ini tentusaja MIGAS tidak
akan menawarkan ke kontraktor lain. seolah-olah di HOLD. Kalau
nantinya hasilnya positip dan perusahaan ini tertarik melanjutkan,
maka daerah itu akan ditawarkan sebagai "direct application" (istilah
nya). Jadi ditawarkan (open for bid) hanya dibuka selama 30-40 hari
saja. Sedang normalnya utk PSC biasa ditawarkan dalam 4 bulan.
Nah apa bedanya dengan yang diusulkan Pak Kardaya ini ? Dan siapakan
yang mengawasinya ? BPMIGAS atau MIGAS ?

Btw, saya rada kaget ketika ada sebuah perusahaan yang melakukan
"joint study" ini untuk daerah yang suangat luaas di Eastern
Indonesia. Padahal aku yakin perusahaan ini bener-bener perusahaan
baru yang belum pernah memiliki produksi, walaupun konon-nya terdiri
dari orang-orang pinter yang pernah bekerja di Indonesia. Saya agak
curiga perusahaan ini hanya broker (wah suudzon deh). Nah hal-hal
seperti ini juga sebenernya yang menghambat "resource replacement " di
Indonesia.

Salam

--
http://rovicky.wordpress.com/