Jadi pingin ikutan berpendapat nih. Sebelumnya mohon maaf karena selama
ini jadi pembaca yang baik.

BPPT memang pernah melakukan kegiatan penelitian distribusi gas hidrat
melalui penampakan BSR pada penampang Seismik. Dari perairan di utara
manado, ada distrubisi yang cukup besar. Ini juga sudah pernah ditulis
dg peneliti BGR-Jerman, juga yang terdapat di daerah selat sunda, di
lokasi yang sering disebut snail and mussel hill (lupa nih cara
nulisnya). Di lokasi ini seingat saya juga ditemukan banyak hal yang
mendukung seperti venting, worm yang mengkonsumsi methan, bsr dan data
heatflow yang juga mendukung. Ini juga sudah ada publikasinya (lagi-lagi
tim bule yang menulis..he.he.he.).

Saya pernah menulis hal umum mengenai gas hidrat ini seperti di buku
serba-serbi energi, situs berita iptek atau situs indeni mungkin link
yang ini bisa dilihat
http://www.indeni.org/index.php?view=article&catid=39%
3Ahydrat-energy&id=64%
3Amengamati-peluang-penggunaan-gas-hidrat-sebagai-energi-alternatif-abad-21-i&option=com_content&Itemid=62

Penelitian mengenai gas Hidrat sendiri lumayan serius dilakukan oleh
negara seperti Jepang, Kanada, Amerika, dll. Jepang sendiri seingat saya
berencana untuk mulai exploitasi di tahun 2016. Setiap 2 tahun sekali
juga ada event besar ICGH (International Converence of Gas Hydrate) yang
terakhir dilaksanakan di kanada bulan juli lalu.

Isu yang umum terkait dengan gas Hidrat adalah Sumber Energi dan Bencana
(Pemanasan Global atau longsor)