From: R.P.Koesoemadinata [mailto:koeso...@melsa.net.id]
Sent: Friday, October 02, 2009 9:32 AM
To: iagi-net@iagi.or.id
Subject: Re: [iagi-net-l] Gempa Sumatra - Setelah Padang kini Jambi/Bengkulu

Kalau saya perhatikan sejak gempa Aceh kelihatannya ada kesan semacam pola
mengenai rentetan gempa di Indonesia ini, dari Sumatra kemudian pindah ke
Jawa, pindah lagi ke Sumatra, pindah lagi ke Jawa dst dengan diselingi
pindah ke Irian (Papua)
Dan juga gempa di Sumatra makin lama makin ke selatan, dan yang di Jawa
makin lama makin ke barat. Lama-lama akan bertemu di Selat Sunda
Ini hanya dugaan saja, bukan statement yang serious, semacam hypothesis
statistik
Barangkali ada anggota Iaginet ini yang punya banyak luang waktu (Pak
Rovicki misalnya) untuk mengeplot dalam peta (mapinfo) dan kemudian
menentukan selang waktu antara gempa (dalam hari, jam, atau sekon), jarak
antar epicentrum gempa (dengan spherical distance), skala Richter scale nya
masing gempa) dsb dan kemudian diplot dalam bentuk kurva?
Siapa tahu bahwa kemudian secara statistik ada pola kecenderungan gempa Jawa
dan Sumatra itu makin mendekati selat Sunda, bahkan waktunya juga bisa
diprojeksikan kapan itu terjadi? Barangkali Pak Marwoto bisa melihat pola
Salam (hehe!) dan bisa menentukan kapan gempa berikutnya terjadi?
Wassalam
RPK